ADVERTISEMENT

Serda Yusdin yang Gugur di Papua akan Dimakamkan di TMP Palopo

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Jumat, 08 Mar 2019 12:54 WIB
Foto: Jenazah anggota TNI dievakuasi (ist)
Makassar - Serda Yusdin gugur dalam baku tembak dengan kelompok bersenjata di Papua. Yusdin yang berasal dari satuan TNI Kopassus itu akan di makamkan di taman makam pahlawan (TMP) Palopo, Sulawesi Selatan.

"Memang prajurit yang gugur, ketentuannya akan dimakamkan di taman makam pahlawan," kata Kapendam Hassanuddin, Letkol Maskun Nafik di Kodam Hasanuddin Makassar, Jalan Urip Sumohardjo, Jumat (8/3/2019).


Maskun mengatakan Serda Yusdin bukan anggota dari Kodam Hasanuddin. Tetapi putra daerah Sulsel yang berasal dari Kabupaten Luwu.

Rencananya, jenazah korban akan dikirimkan menuju Makassar dari Papua pada hari ini. Penyambutan jenazah akan digelar secara militer.

"Karena beliau seorang militer, tentunya secara penyambutan juga secara militer," ujarnya.

Namun, kata Maskun, belum diketahui jadwal pasti kedatangan jenazah, termasuk apakah langsung diterbangkan menuju Luwu atau lewat Makassar dan selanjutnya lewat jalur darat menuju rumah duka.

"Untuk pemakaman Kodim Polopo akan melaksanakan upacara. Itu nanti Kodim Polopo yang akan melaksanakan administrasi secara pemakaman di wilayah sana," terangnya.


Sebelumnya diberitakan pasukan TNI yang berjumlah sekitar 25 orang ditembak oleh 50-70 orang KKB. Kapendam Cenderawasih Kolonel M Aidi, mengatakan, pasukan TNI diserang saat baru tiba di Distrik Mugi dalam rangka mengamankan jalur pergeseran pasukan, Kamis (7/3) sekitar pukul 08.00 WIT.

M Aidi menjelaskan 50-70 orang KKB menggunakan senjata campuran, baik standar militer maupun tradisional seperti panah dan tombak. Akibat serangan tersebut Serda Mirwariyadin, Serda Yusdin dan Serda Siswanto Bayu Aji gugur. (fiq/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT