ADVERTISEMENT

Pelaku Penyerangan TNI di Nduga Kelompok Egianus Kogoya

Herianto Batubara - detikNews
Jumat, 08 Mar 2019 12:33 WIB
Foto: Egianus Kogoya. (Dokumen Mabes Polri yang diterima detikcom)
Jakarta - Tiga prajurit TNI gugur dalam serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Mugi, Nduga, Papua. Kodam XVII/Cenderawasih menyatakan, KKB tersebut dipastikan kelompok Egianus Kogoya.

"Iya, memang kelompok dia (Egianus-red)," kata Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi saat dihubungi, Jumat (8/3/3/2019).

Aidi menjelaskan, situasi di Distrik Mugi, Nduga, kondusif karena kejadian kontak tembah jauh dari permukiman. Sudah ada 600 pasukan TNI yang tiba untuk melakukan pengamanan dan melanjutkan pembangunan jembatan.


"Pembangunan jembatan sempat terpotong karena insiden pembantaian karyawan Istaka Karya di Yigi sehingga kontraktor-kontraktor yang melakukan pembangunan tersebut karyawannya tidak ada lagi yang mau bekerja. Dalam kondisi darurat tersebut, TNI sebagai garda terdepan bangsa mengambil alih. Jadi dari 32 jembatan, ada 21 titik jembatan di Jalur Trans Papua Nduga yang belum dikerjakan akan dilanjutkan TNI. Semua dikerjakan TNI hanya tenaga ahlinya saja dari PT. Jadi ada tim pekerja ada tim penyelamat," jelasnya.

Menurut Aidi, kelompok Egianus Kogoya memang terang-terangan menolak pembangunan di Papua. Dia menegaskan, TNI akan bersikap tegas terhadap KKB jika mengganggu jalannya pembangunan, apalagi memberontak terhadap NKRI.


"Ini mereka dari kelompok itu juga. Mereka sudah mengultimatum tidak menerima pembangunan karena menurut mereka pembangunan akan mempersempit ruang gerak mereka. Sementara kalau kita berpikir ini untuk menjaga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, sampai ke pedalaman tersentuh pembangunan," ujar Aidi.

"Kita bisa bayangkan Kabupaten Nduga yang terdiri dari 32 distrik atau kecamatan, seluruh kecamatan hanya bisa ditempuh pesawat perintis. Artinya ini daerah-daerah sangat terisolasi. Inilah yang TNI lakukan, untuk membuka keterisolasian," jelasnya.



Saksikan juga video '3 TNI Gugur dalam Baku Tembak dengan KKSB':

[Gambas:Video 20detik]

(hri/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT