detikNews
Jumat 08 Maret 2019, 10:43 WIB

Era Industri 4.0, Jababeka Siapkan SDM Lewat Sistem Pendidikan

Tia Reisha - detikNews
Era Industri 4.0, Jababeka Siapkan SDM Lewat Sistem Pendidikan Ilham Akbar Habibie berbatik hijau (kanan) dan SD Darmono berjas hitam paling kiri/ Foto: dok Jababeka
Jakarta - PT. Jababeka Tbk siap menyambut era industri 4.0 yang telah menjadi keharusan bagi semua sektor industri, tak terkecuali kawasan industri di Indonesia. Jababeka menyambut dengan menyiapkan sistem pendidikan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Kami telah siap menyambut era industri 4.0. Kami sudah siapkan semua, baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM)," ujar Chairman PT. Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono dalam keterangan tertulis, Jumat (8/3/2019).


Darmono menyampaikan hal tersebut dalam diskusi bertajuk "Remaking Indonesia: Industry 4.0" di Menara Batavia, Jakarta, Rabu (6/3). Darmono menyampaikan bahwa untuk menjembatani kebutuhan industri 4.0, pihaknya telah melakukan aktualisasi teknologi informasi dan komunikasi dengan menyediakan teknologi berbasis fiber optic dan survei atau ence system di kawasan industri Jababeka.

"Kita sudah sediakan itu sejak tahun 2014. Ini juga sekaligus menjadi keseriusan kami untuk membawa Jababeka menjadi Smart City," terang Darmono.

Dari segi SDM, tambah Darmono, pihaknya melalui President University telah memulai sistem pendidikan tinggi dan kurikulum mahasiswa sesuai dengan era industri 4.0. Menurutnya, President University ingin menghasilkan SDM yang tidak hanya berprestasi secara akademis, tapi juga unggul dan berdaya saing karena kekuatan karakter.

"Ada tiga pilar pendidikan yang dibangun oleh President University untuk menghadapi era industri 4.0, yaitu pengembangan riset bioteknologi dan medical science, pendidikan yang berbasis budaya, dan juga penggunaan teknologi informasi (IT) dalam pembelajaran kepada mahasiswa," jelas Darmono yang juga sebagai pendiri President University.

"President University akan turut mengambil peran dalam mencetak tenaga-tenaga ahli sesuai roadmap program Making Indonesia 4.0," tambahnya.


Sementara itu, Chairman National ICT Council (Wantiknas), Ilham Akbar Habibie menilai PT. Jababeka sudah sangat siap untuk menerapkan industri 4.0 pada kawasan industri Jababeka di Cikarang. Menurutnya, kesiapan tersebut terlihat dari segi infrastruktur mapun pelatihan untuk SDM.

"Industri di Jababeka sudah sangat siap dan sudah banyak yang menerapkan industri 4.0. Jababeka merupakan suatu wilayah di Indonesia yang relatif sangat siap untuk masuk ke era industri 4.0," tuturnya.


Simak Juga "Airlangga: Banyak Profesi Dibutuhkan di Era Digital"

[Gambas:Video 20detik]


(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com