Berkeliaran di Jalan Saat Nyepi di Bali, Rusli Dihukum Bersihkan WC

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kamis, 07 Mar 2019 23:44 WIB
Foto: Berkeliaran di Jalan Saat Nyepi di Bali, Rusli Dihukum Bersihkan WC (Dita-detikcom)
Foto: Berkeliaran di Jalan Saat Nyepi di Bali, Rusli Dihukum Bersihkan WC (Dita-detikcom)
Denpasar - Seorang pria asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) diamankan pecalang desa adat Tuban, Badung, Bali. Pria itu diamankan karena berkeliaran saat Nyepi.

Pria bernama Rusli (30) itu akhirnya dibawa ke posko pecalang Desa Adat Tuban. Saat ditanya pecalang, Rusli mengaku baru dua bulan tinggal di Bali.

"Dia baru di sini, mau berangkat kerja katanya, dia kerja jadi gardener, tukang kebun. Mungkin nggak dikasih tahu tempatnya kerja kalau Nyepi libur," kata Koordinator pecalang Desa Adat Tuban, Nyoman Sudiasa di Posko Pecalang, Tuban, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (7/3/2019).



Meski berkeliaran di jalan, Rusli tidak disanksi adat. Para pecalang memaklumi ketidaktahuan Rusli karena baru tinggal di Bali.

"Nggak (disanksi adat), cuma pembinaan aja. Tadi kami suruh bersihkan WC, kalau sanksi adat nanti berat. Dia juga nggak tahu, masih baru soalnya, " tuturnya.



Selain warga yang berkeliaran, pecalang juga mendapatkan laporan warga yang jatuh terpeleset hingga sulit bangun. Setelah menengok Masodah (30), akhirnya diputuskan untuk memanggil tukang urut terdekat.

Seorang tukang urut lalu dijemput oleh dua orang pecalang dan diantar ke kontrakan Masodah. Setelah selesai mengurut, tukang urut itu kembali diantar ke rumahnya. (ams/rvk)