Jokowi Janji Keluarkan KIP Kuliah untuk Mahasiswa Tahun Depan

Ray Jordan - detikNews
Rabu, 06 Mar 2019 17:08 WIB
Jokowi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bantuan dari pemerintah untuk bidang pendidikan tidak berhenti di tingkat SMA atau SMK. Dia mengatakan tahun depan akan mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk mahasiswa.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menyerahkan 3.300 KIP untuk pelajar Jakarta Selatan di SLB Negeri Pembina, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019). Jokowi mengatakan KIP itu akan diluncurkan tahun depan.

"Anak-anakku, saya beritahu ya, nanti ini kan Kartu Indonesia Pintar hanya untuk SD, SMP, SMA, SMK, nanti ke depan kita akan ada lagi KIP untuk kuliah. Kemudian anak-anak yang ingin kuliah pakai KIP Kuliah," kata Jokowi.


Dia mengatakan yang terpenting adalah semangat anak-anak Indonesia untuk terus belajar dan berprestasi harus terus terjaga. Dengan dikeluarkannya KIP Kuliah, anak Indonesia yang kurang mampu bisa terus mengenyam pendidikan hingga jenjang kuliah.

"Anak-anak harus belajar yang rajin, belajar keras, agar bisa nanti kuliah, kuliah di akademi bisa, di universitas, di perguruan tinggi silakan. Yang paling penting anak-anak harus berprestasi dan memiliki semangat belajar yang baik," katanya.


Hal yang sama disampaikan Jokowi saat sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di GOR Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di hadapan ibu-ibu Jakarta, Jokowi berjanji akan meluncurkan KIP Kuliah tahun depan.

"Tahun depan akan ada KIP Kuliah yang bisa digunakan untuk di perguruan tinggi," kata Jokowi.



Tonton juga video Performa Hukum di Era Jokowi Dinilai Jelek:

[Gambas:Video 20detik]

(jor/gbr)