Perumda Pasar Jaya Cari Penampungan Sementara bagi Pedagang TPS Blok A

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rabu, 06 Mar 2019 11:41 WIB
Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kebakaran. (Lamhot Aritonang/detikFoto)
Jakarta - Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kebakaran tempat penampungan sementara (TPS) pedagang di Blok A, Jalan Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Arief menjelaskan kebakaran di TPS Blok A ini terjadi sekitar pukul 04.30 WIB. Penyebab kebakaran ini, menurutnya, masih diselidiki pihak kepolisian.

"Dugaannya masih kita coba selidiki seperti apa, tetapi korsleting listrik memang salah satu yang mungkin menjadi penyebab ini terjadi," kata Arief kepada wartawan di lokasi, Rabu (6/3/2019).


"Lokasi ini penampungan sementara, luasnya 1.500 meter persegi, kemudian jumlah pedagangnya 415 kios. Tetapi memang yang aktif saat ini pedagang di sini tinggal 60, karena memang ini TPS yang sudah cukup lama. Sudah mau masuk tahun ke-4 menunggu pembangunan di Pasar Blok A Fatmawati yang sesungguhnya," sambungnya.

Kebakaran di TPS Blok AKebakaran di TPS Blok A (Lamhot Aritonang/detikcom)

TPS ini berada di tiga lantai gedung. Dua lantai dimanfaatkan untuk pedagang, sedangkan lantai ketiga untuk kantor dan masjid. Semuanya, menurut Arief, ludes dilalap api.

"Kita akan cari penampungan secepatnya dan kemudian kita segera bangun lagi," ucapnya.


Arief mengatakan pihaknya masih membahas lokasi penampungan untuk para pedagang yang terdampak kebakaran ini. Namun rencana sementara semuanya akan ditampung di Pasar Pondok Indah.

"Tapi ini belum final, nanti saya lihat seperti apa. Saat ini yang kita akan lakukan adalah mempercepat proses penampungan sementara yang akan ditempati, sehingga mereka pedagang-pedagang ini tetap bisa mencari nafkahnya," ujarnya. (hri/fdn)