DetikNews
Rabu 06 Maret 2019, 08:08 WIB

Pengacara Jelaskan soal Surat Ahmad Dhani untuk El Rumi Disita Polisi

Yulida Medistiara - detikNews
Pengacara Jelaskan soal Surat Ahmad Dhani untuk El Rumi Disita Polisi Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Jakarta - Sepucuk surat Ahmad Dhani kepada putranya, El Jalaluddin Rumi, dikabarkan disita polisi. Namun kuasa hukum Ahmad Dhani, Aldwin Rahardian, mematahkan kabar tersebut dan memastikan tidak ada penyitaan surat oleh polisi.

"Jadi setelah saya cek berita-berita itu, ternyata tidak ada terjadi penyitaan oleh polisi. Saya sebagai kuasa hukum, sebagai ketua tim pengacara Mas Dhani, memastikan tidak terjadi penyitaan surat oleh polisi. Jadi, kalaupun ada berita itu mungkin salah paham atau bagaimana tapi tidak terjadi penyitaan. Saya cek dengan yang lain," kata Aldwin saat dihubungi, Rabu (6/3/2019).


Menurut dia, ada kemungkinan terjadi salah paham karena Ahmad Dhani saat itu baru akan masuk menuju ruangan sidang. "Saya memastikan tidak ada terjadi penyitaan tapi mungkin kejadiannya itu sebelum sidang kan ricuh ada pengamanan. Kalau kegiatan membagi-bagi (surat), tangan ke sana sini mungkin dilarang. Mas Dhani supaya rombongan masuk dulu sidang tapi kemudian tidak ada penyitaan terjadi. Kalaupun ini teknis saja ketika jalan ke tempat sidang mungkin karena kanan kiri terkait pengamanan, Jadinya numpuk, nggak bisa bergerak kami pahami saja, dalam konteks pengamanan dalam masuk sidang, kalau penyitaan nggak terjadi," ungkap Aldwin.

Ahmad Dhani sebelumnya menulis sepucuk surat untuk El Rumi. Surat itu rencananya dibagikan usai sidang. Namun, belum sempat dibagi, surat itu terlebih dahulu disita polisi. Kepada anaknya El Jalaluddin Rumi, Ahmad Dhani menyampaikan enam hal yang menurutnya penting mulai soal kondisi Dhani di Rutan Medaeng hingga alasannya menangis di persidangan kelima, Selasa (26/2).


"Benar surat itu ditulis oleh Mas Dhani. Namun belum sempat disebar karena disita petugas. Tadi saya share melalui WA Grup Sahabat Ahmad Dhani," kata salah satu sahabat Dhani, Siti Rafika Hardhiansari, saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (5/3).

Penyitaan surat Ahmad Dhani juga dibantah Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mengera. Dia memastikan tidak ada penyitaan surat Ahmad Dhani. "Tidak ada (penyitaan surat)," kata Frans.

Berikut ini isi lengkap surat Dhani untuk El Rumi:

SURAT UNTUK ANAK KU EL JALALUDDIN RUMI

El ayah sampai saat ini belum dengan kabar mu di Inggris.
Mungkin kamu juga belum dengar kabar ayah. Terakhir kita chat saat ayah di Mobil tahanan menuju Cipinang.

1. El, ayah di rutan baik baik saja. Disini ayah malah punya kesempatan banyak doa untuk kamu dan Keluarga.

2. El, kamu harus tau bahwa ayah ini TIDAK SEDANG MENJALANI VONIS
(karena ayah sudah dan sedang melakukan UPAYA BANDING)
Berbeda dengan Ahok. Ahok di penjara karena dia MENJALANI VONIS karena dia tidak MELAKUKAN upaya Banding. (Banyak orang TIDAK MELEK HUKUM yg salah membandingkan KASUS AHOK Vs KASUS AHMADDHANI )

Pasal KASUS Ahok itu KUHP MURNI. DAN KASUS AHOK ITU MENGANCAM KEAMANAN NEGARA (lihat masive nya 411 dan 211 )

Sedangkan, Pasal ayah itu Pasal ITE 28 itu PASAL KARET (bisa ditarik ke sana sini). Karena tidak ada SUBYEK HUKUM yang disebut. Tidak mengancam siapapun dan KORBANnya pun gak ada.

Dan Ahok di penjara di tempat ISTIMEWA. Bukan seperti Ayah di PENJARA di tempat yang SAH MENURUT UNDANG UNDANG.

3. Ayah di sini karena PENETAPAN PENGADILAN TINGGI (ditahan 30 hari). Menurut surat Pengadilan Tinggi ke KomNasHam, Ayah ditahan 30 hari karena Proses penyidik an BANDING. Tapi selama 30 hari, ayah tidak di periksa. Malah sekarang di tambah 60 hari.

4. El, kakak mu Al dan adik mu Dul menangis di Kuala Lumpur bukan karena LEMAH. Mereka MENANGIS KARENA TERHARU MELIHAT RIBUAN ORANG MALAYSIA BEGITU MENGHORMATI AYAH DAN MEN SUPPORT TERHADAP APA YANG SEDANG AYAH PERJUANGKAN. Perasaan ini tidak mungkin menyentuh mereka yang tidak punya AYAH se-Legend ayahmu dan TIDAK PUNYA RASA NASIONALISME DAN JIWA PATRIOTISME.

5. El, ayah menangis di PN Surabaya karena adik mu Feea selalu bertanya terus "kapan Ayah pulang", karena dia mau berulang tahun yang ke-8 bersama ayah seperti yg sudah lama kita rencanakan. PERASAAN ITU HANYA DI MILIKI OLEH LAKI-LAKI YANG PUNYA ANAK PEREMPUAN. kamu nanti juga akan punya perasaan yang sama jika kamu dianugerahi anak PEREMPUAN.

6. ATI-ATI DI SANA. INI TAHUN POLITIK.


Saksikan juga video 'Gaya Nyeleneh Ahmad Dhani di Persidangan':

[Gambas:Video 20detik]


(yld/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed