DetikNews
Selasa 05 Maret 2019, 19:07 WIB

Ada-ada Saja! Gara-gara Ular, Listrik di Depok Sempat Padam

Matius Alfons - detikNews
Ada-ada Saja! Gara-gara Ular, Listrik di Depok Sempat Padam Foto: dok.istimewa
Depok - Aliran listrik di sebagian wilayah Depok dan Bogor sempat padam. Penyebabnya lantaran ada seekor ular yang naik ke tiang listrik.

Kepala Humas PLN Area Depok Setiyo Budiono mengaku belum mendapatkan informasi terkait gangguan tersebut. Akan tetapi, gangguan semacam itu, menurutnya sudah sering terjadi.

"Secara umum hal seperti itu sering terjadi. Jadi penyebab listrik mati itu ada dua, yaitu karena ada pekerjaan PLN misalnya ada upgrade jaringan atau karena adanya gangguan," jelas Setiyo saat dihubungi detikcom, Selasa (5/4/2019).

Gangguan tersebut misalnya dikarenakan adanya binatang yang naik ke tiang atau gardu atau karena adanya petir. Aliran listrik juga padam bisa terjadi karena gangguan adanya benda-benda yang menyangkut pada tiang atau gardu listrik.

"Gangguan karena ular naik, ada biawak, karena petir, ada burung dara, layang-layang dan sekarang lagi tren ada baliho umbul-umbul atau partai kadang terlalu tinggi," sambungnya.



Kasus ular naik ke atas tiang listrik, kata Setiyo, juga sering terjadi. Hewan yang tersetrum di tiang listrik bisa menimbulkan gangguan berupa ledakan hingga mengakibatkan listrik padam.

"Kalau ada hewan atau benda-benda ke travo atau gardu pasti ada ledakan dan mengakibatkan aliran listrik padam," katanya.

Perbaikan listrik akan cepat ditangani bila gangguan segera diketahui. Makanya, Setiyo mengimbau warga untuk melapor jika menemukan adanya gangguan seperti itu agar petugas bisa segera menangani.

Kasus adanya ular naik ke atas tiang listrik ini terjadi di Depok pada Senin (4/3). Ular yang tersetrum di tiang listrik itu mengakibatkan listrik di Jalan Mayor Oking, Perumahan Visar, Perumahan Virgo, Ciriung Cemerlang, Cirimekar, Citatah Dalam padam.

"10:17 Permohonan maaf disampaikan terjadi padam tidak terencana. Penyebabnya binatang ular yang naik ke trafo PLN. Wilayah padam: JL.MAYOR OKING, PR.VISR, PR VIRGO, CIRIUNG CEMERLANG, CIRIMEKAR, CITATAH DALAM, GOLF," demikian informasi dari PLN Depok melalui akun Instagram @plndepok, seperti dilihat detikcom, Selasa (5/3).


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed