M Taufik Didukung F-PKB Jadi Cawagub DKI, Bagaimana Menurut Anda?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 05 Mar 2019 13:45 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik (Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)
Jakarta - Belum juga dibahas resmi di DPRD, dua cawagub yang diajukan PKS sudah mendapat resistensi dari salah satu fraksi. Fraksi PKB ingin politikus Gerindra M Taufik-lah yang jadi cawagub, bukan Agung Yulianto ataupun Ahmad Syaikhu.

"Nanti aja habis pemilu, iya pemilihan wagub habis pemilu. Iya konsentrasi dulu tugas yang lebih penting, selesai perda, selesai ini, tugas Dewan masih banyak. Ditambah lagi sibuk dengan pileg. Selesai pemilu saja. Iya kecuali Pak Taufik yang jadi wagub, langsung PKB setuju," kata Ketua Fraksi PKB DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas, saat dihubungi, Senin (4/3) malam.


Gerindra mengapresiasi dukungan terhadap M Taufik dari F-PKB. Namun Gerindra tetap ingin proses pemilihan cawagub DKI di DPRD berlangsung cepat.

"Pengennya sebelum pemilu. Biar kita ingin membuktikan komitmen PKS bahwa nggak ada lagi mematikan mesinnya. Nanti kalau kita bilang setelah pemilu dia makin marah. Jadi kita pengennya sebelum pemilu. Tapi kan harus dilihat konstelasi politik di DPRD. Selami juga memahami juga. Jangan ngotot-ngototan," ujar Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Syarif saat dihubungi, Selasa (5/3/2019).

M Taufik sendiri mengaku bingung atas dukungan F-PKB. Dia mengatakan saat ini pilihan cawagub DKI adalah salah satu dari Agung Yulianto atau Ahmad Syaikhu, dua politikus PKS.

"Nggak tahu saya kenapa (mereka) lebih ke Bang Taufik. Kita hanya mengatakan pada mereka bahwa ini lho calon yang kita sepakati sebagai partai pengusung. Kita kan udah putuskan dua nama itu. Mau nggak mau harus dipilih dari dua nama itu," ujar M Taufik saat dihubungi, Selasa (5/3).


Sementara itu, PKS enggan menanggapi manuver PKB. PKS ingin pemilihan cawagub DKI berlangsung cepat agar bisa segera bekerja mendampingi gubernur.

"Sebagai partai pengusung, Gerindra dan PKS berharap mudah-mudahan sebelum pilpres, wagub sudah definitif sehingga wagub dapat membersamai Gubernur dalam menunaikan tugas, berkhidmat bagi warga Jakarta, mewujudkan janji kerja, menjadikan Jakarta Maju Kotanya dan Bahagia Warganya," ujar Ketua DPW PKS DKI Sakhir Purnomo kepada wartawan, Selasa (5/3).

Sekali lagi, proses pemilihan cawagub DKI kali ini memang ada di DPRD. Saat ini, baik Gerindra maupun PKS sudah sepakat yang diajukan sebagai cawagub adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Namun Anda warga DKI bisa saja menyampaikan aspirasi sebagai pertimbangan para wakil rakyat di Kebon Sirih. Anda setuju F-PKB mendorong M Taufik? Sampaikan aspirasi Anda di kolom komentar!


Saksikan juga video 'M Taufik Siap Gantikan Sandi Jadi Wagub DKI!':

[Gambas:Video 20detik]

(tor/fjp)