ASEAN AeroAcademy Ajak 1.000 Mahasiswa Ikut Pelatihan di Malaysia

Raras Prawitaningrum - detikNews
Selasa, 05 Mar 2019 12:40 WIB
Foto: Dok Asean AeroAcademy
Foto: Dok Asean AeroAcademy
Jakarta - Pusat pendidikan dan pengajaran industri aviasi profesional, ASEAN AeroAcademy, secara resmi ditunjuk sebagai Authorized Training Academy IATA di Indonesia.

"IATA akan berkomitmen memberikan full supports dalam hal pembinaan dan pelayanan akademik kepada manajemen profesional ASEAN AeroAcademy agar keberlangsungan standarisasi kurikulum secara international selalu terjaga baku dan ter-update terhadap perkembangan kekinian industri penerbangan global," ujar Director IATA Training - Indonesia, Singapore, Malaysia & Indo-China region, Azhari Azhar, dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (5/3/2019).

Ia menyampaikan hal tersebut dalam kegiatan Millenial Aviation Day 2019 di Ballrom El Royale Hotel, Bandung, Senin (4/3/2019). Turut hadir pada acara ini yakni President/CEO ASEAN AeroAcademy Agus Canny dan siswa/siswi SMA se-Bandung.


Pada kesempatan yang sama, ASEAN AeroAcademy melakukan penandatanganan kerja sama MoU dengan Malaysia Airlines Academy. Adapun bentuk kerja samanya antara lain pada tahun pertama, ASEAN AeroAcademy akan mengirimkan kurang lebih 1.000 mahasiswa untuk mengikuti pelatihan industri aviasi di Kuala Lumpur, Malaysia.

"ASEAN AeroAcademy dengan aviation campus berlokasi di Prakarya International Education Center, Kota Bandung merupakan center of excellence dirancang khusus untuk menjadi akademi pelatihan industri aviasi profesional terbaru di Indonesia. Saat ini sudah bekerja sama dengan akademi pilot tebaik di Australia yaitu Australia National Airlines College di Melbourne dan Aviation Australia (Aircraft Engineering, Cabin Crew) di Sydney," kata Agus.

Melalui kerja sama tersebut, diharapkan ASEAN AeroAcademy menjadi sekolah aviasi terkemuka yang menggunakan kurikulum penuh internasional IATA yang berpusat di Montreal Kanada. Dengan tujuan memberdayakan putra-putri terbaik Indonesia menjadi insan aviasi profesional yang diakui dan diterima secara global.

Sebagai informasi, ASEAN AeroAcademy membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 bagi para lulusan SMA/SMK di seluruh Indonesia untuk mengikuti Akademi Pelatihan Industri Aviasi Profesional. Adapun program studi yang ditawarkan antara lain School of Aviation Studies, School of Airport Study, dan School of Logistics Studies.

Program studi tersebut terbagi menjadi 7 konsentrasi diploma internasional yaitu International Airline Cabin Crew atau Pramugari Professional, Aviation CyberSecutiry & Technological Risk , Airport IT Ground Operation, yaitu Management Professional Kebandaraan, Air Cargo Management, yaitu DGR-Dangerous Goods, Cargo Business Intelligence, DIPLOMA Digital Tourism Business, dan Private Pilot License.


Sementara keunggulan yang ditawarkan ASEAN AeroAcademy antara lain bahan ajar dalam bahasa Inggris, pemagangan kerja di perusahaan multinasional, diploma IATA internasional yang diakui secara global, sertifikasi profesi dan lisensi Keamanan Penerbangan Nasional sehingga lebih mudah akses kerja di industri, serta kurikulum masa depan, rancangan IATA, dan pakar industri aviasi dunia. (ega/ega)