DetikNews
Selasa 05 Maret 2019, 12:42 WIB

Anies Serahkan Proses Pemilihan Cawagub DKI ke DPRD

Faiq Hidayat - detikNews
Anies Serahkan Proses Pemilihan Cawagub DKI ke DPRD Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: dok. Instagram Anies Baswedan)
Jakarta - PKB mengusulkan pemilihan cawagub DKI Jakarta di DPRD DKI Jakarta dilakukan seusai Pemilu 2019. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan proses pemilihan cawagub DKI pada DPRD DKI.

"Yang bisa menentukan adalah dewan karena penjadwalan dan lain-lain di dewan," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (5/2/2019).
Anies mengaku sudah menyerahkan surat cawagub ke DPRD DKI pada Senin (4/2) kemarin. Dia berharap surat tersebut segera diproses DPRD DKI.

"Dan di surat itu kami sampaikan bahwa sudah kita terima, dan kita teruskan, dan berharap Dewan bisa segera memproses sesuai ketentuan," kata dia.

PKB mengusulkan pemilihan cawagub di DPRD DKI Jakarta dilakukan usai Pemilu 2019. Namun PKB akan menggugurkan usulan itu jika cawagub yang disodorkan adalah Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik.

"Nanti aja abis pemilu, iya pemilihan wagub abis pemilu. Iya konsentrasi dulu tugas yang lebih penting, selesai perda, selesai ini, tugas Dewan masih banyak. Ditambah lagi sibuk dengan pileg. Selesai pemilu saja. Iya kecuali Pak Taufik yang jadi Wagub, langsung PKB setuju," kata Ketua Fraksi PKB DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas, saat dihubungi, Senin (4/2).
Seperti diketahui, surat pengajuan dua nama cawagub DKI yang sebelumnya mengalami lika-liku panjang dalam perjalanannya akhirnya diserahkan ke Anies. Surat diserahkan oleh Ketua DPW PKS DKI Syakir Purnomo ke Anies melalui Saefullah.

Adapun dua nama yang diajukan adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Kedua nama ini nantinya akan diserahkan kepada DPRD DKI untuk dirapatkan melalui paripurna.


Saksikan juga video 'Terungkap! Ini Dua Nama Calon Pengganti Sandiaga di DKI':

[Gambas:Video 20detik]


(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed