detikNews
Selasa 05 Maret 2019, 12:18 WIB

Anies Sebut 40 Persen Warga DKI Tak Punya Air Bersih

Faiq Hidayat - detikNews
Anies Sebut 40 Persen Warga DKI Tak Punya Air Bersih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut banyak masalah mendasar warga DKI yang harus diselesaikan Pemprov DKI. Salah satunya masalah air bersih yang belum dimiliki warga DKI.

"Hari ini porsi besar 40 persen penduduk kita belum memiliki air bersih ini tidak muncul di sosmed, orang yang tak punya air bersih tidak berkeluh kesah melalui medsos, tapi ini tanggungjawab kita membereskan itu," jelas Anies dalam sambutan pengukuhan anggota Dewan Riset Daerah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (5/2/2019).



Kedua disebut Anies masalah tempat tinggal atau rumah yang belum dimiliki warga DKI. Oleh sebab itu, Pemprov DKI harus membuat terobosan untuk menyelesaikan masalah tempat tinggal atau rumah.

"Kedua, 40 persen warga DKI tidak tinggal di rumahnya, ini satu hal mendasar ketika penduduk masih harus menumpang maka ada ketimpangan, maka harus ada terobosan," ucap dia.

Selain itu, ia menyebut masalah pelayanan kesehatan harus membutuhkan terobosan atau inovasi baru. Saat ini Anies mengatakan pelayanan kesehatan masih belum dikelola dengan baik.



"Jumlah fasilitas kesehatan ada sekitar lebih 200 pelayanan kesehatan tetapi suplay dan demand tidak dikelola baik. Sehat kebutuhan0 mendasar. Ini butuh terobosan," kata Anies.

Lebih lanjut, ia mengatakan masalah tidak adanya pembangunan ruang interaksi bagi warga DKI. Sebab itu, Pemprov DKI akan melakukan terobosan atau inovasi ruang interaksi.

"Tantangan kita bagaimana membuat komponen bangsa di DKI berinteraksi. Ruang ketiga belum diciptakan, ruang interaksi butuh terobosan itu sebab transportasi tak boleh dipandang memindahkan badan manusia," tutur dia.
(fai/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed