detikNews
Selasa 05 Maret 2019, 09:43 WIB

Minta Cawagub DKI Segera Dipilih, Demokrat: Agar Ada yang Bantu Gubernur

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minta Cawagub DKI Segera Dipilih, Demokrat: Agar Ada yang Bantu Gubernur Foto: Ari Saputra
Jakarta - DPD Partai Demokrat DKI Jakarta berharap agar pemilihan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta dilakukan sebelum Pemilu 2019. Dengan begitu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera mendapat pendamping.

"Belum, kita tunggu tatib (tata tertib) seperti apa. Seperti di Riau sudah tuh pemilihan, harus tatib dulu. Harus buru-buru, supaya gubernur ada yang bantu," ucap Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta Santoso, saat dihubungi detikcom, Senin (4/3/2019).

Santoso menyebut akan ada pembentukan panitia pemilihan sebelum pembentukan tata tertib dan voting cawagub. Panitia pemilihan berasal dari masing-masih fraksi termasuk Fraksi Demokrat-PAN di DPRD DKI Jakarta.

"Rapat di paripurna utusan fraksi, nanti siapa saja yang diusung, apakah dibentuk pansus, nanti dibentuk bersama. Saya belum tahu juklat, peraturan Mendagri," ucap Santoso.

Santoso tidak memastikan segera itu berapa lama. Namun, jika akhirnya pemilihan dilakukan setelah hari pencoblosan pemilu 17 April 2019, dia tidak masalah.

"Nggak masalah (setelah pemilu). (Target) Secepatnya. Kan tidak bisa secepatnya dibilang sebulan. Demokrat kan suaranya cuma 10, kita ya minta secepatnya. Sebelum pemilu kalau bisa. Tatib dibuat, kan sampai saat ini belum dibuat," ucap Santoso.

Soal kriteria cawagub, Santoso menyebut sama dengan ungkapan beberapa fraksi dan anggota DPRD lainnya. "Banyak lah, intinya sama dengan lain," ucap Santoso.


Saksikan juga video 'FBR Tolak Cawagub DKI dari PKS, Alasannya Tak Kenal':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed