detikNews
Senin 04 Maret 2019, 14:25 WIB

Guru Ngaji, PAUD hingga TPQ di Kabupaten Serang Dapat Insentif

Robi Setiawan - detikNews
Guru Ngaji, PAUD hingga TPQ di Kabupaten Serang Dapat Insentif Foto: Dok Pemkab Serang
Jakarta - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan komitmennya dalam menyejahterakan guru hingga ke tingkat honorer. Menurutnya kesejahteraan dan peningkatan kualitas tenaga pendidik terus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

"Kesejahteraan guru harus terus kita perjuangan, terutama guru honorer," kata Tatu dalam keterangan tertulis, Senin (4/3/2019).


Ia pun menjelaskan saat ini guru dari berbagai kategori di Kabupaten Serang sudah mendapat insentif dari Pemkab Serang, misalnya insentif 2.821 guru PAUD dengan total anggaran Rp 5,07 miliar dan insentif dua guru TKK dengan total anggaran Rp 57,6 juta.

Selain itu ada pula insentif 5 Guru Bantuan Sementara (GBS) dengan total anggaran Rp 96 juta, insentif 152 K-2 nonguru dengan total anggaran Rp 820,8 juta, insentif 691 K-2 guru SD dengan total anggaran Rp 5,8 miliar, dan 121 K-2 guru SMP dengan total anggaran Rp 1,01 miliar.

Selanjutnya Tatu juga menyebut ada insentif 705 operator SD dengan total anggaran Rp 2,53 miliar, insentif 92 operator SMP dengan total anggaran Rp 331,2 juta, dan insentif 2.517 guru SD dan SMP non K-2 dengan total anggaran Rp 12,08 miliar.

Tidak hanya itu, ada pula insentif untuk 8.629 guru ngaji dengan total anggaran Rp 8,62 miliar, insentif 1.165 guru TPQ dengan total anggaran Rp 1,16 miliar, dan insentif 6.190 guru Madrasah Diniah Awaliyah (MDA) dengan total anggaran Rp 9,68 miliar.

Menurut Tatu perhatian Pemkab Serang terhadap para guru memang belum maksimal. Apalagi, anggaran Pemkab Serang paling besar untuk pembangunan infrastruktur jalan.

"Jalan sepanjang 601,3 kilometer kami targetkan dibeton, dengan anggaran pertahun Rp 300 miliar. Selanjutnya bertahap kami akan bantu pemerintah dengan dengan total 1.000 kilometer jalan desa," ujarnya.

Jika pembangunan infrastruktur tuntas, maka anggaran selanjutnya bisa teralokasi untuk program pendidikan, salah satunya kesejahteraan guru.

"Ratusan ruang kelas juga kami perbaiki setiap tahun. Intinya untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia, program pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur akan terus kami prioritaskan," ujarnya.


Sementara itu Ketua PGRI Kabupaten Serang, Muhtadi menyambut baik berbagai perhatian Pemkab Serang terhadap para guru. Menurutnya, perhatian terhadap para guru perlu terus dilakukan mengingat tugasnya yang berat untuk mencerdaskan generasi bangsa.

"Kami berterima kasih, bangga, dan mengapresiasi perhatian Pemkab Serang terhadap para guru. Kami akan terus kompak mendukung program Pemkab Serang dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Serang," ujar Muhtadi.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com