DetikNews
Minggu 03 Maret 2019, 18:22 WIB

Macan Tutul Mangsa Ternak, Warga Kabupaten Serang Panik

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Macan Tutul Mangsa Ternak, Warga Kabupaten Serang Panik Perangkap macan tutul disiapkan untuk tangkap macan. (Foto: Istimewa)
Serang - Warga dua kampung di Desa Cikedung, Kabupaten Serang, diresahkan oleh adanya macan tutul yang memakan ternak. Macan diduga datang dari cagar alam Gunung Tukung Gede Rawa Danau.

Polhut dari BKSD Serang, Udhay Udaya, mengatakan macan tutul masuk ke kampung warga dan memakan ternak kambing. Bekas cakaran juga ditemukan di lokasi kandang warga.

"Diduga macan tutul karena daerah situ dekat ke cagar alam. Tapi di situ juga ada macan hitamnya," kata Udhay saat dimintai konfirmasi melalui sambungan telepon, Serang, Banten, Minggu (3/3/2019).

Ia mengatakan macan tutul tersebut sudah meresahkan warga sejak dua hari lalu. Bahkan ada warga yang sempat melihat.

"Yang udah dilihat warga (macan) tutul kuning," katanya.


Menurutnya, kejadian teror macan memangsa ternak di Desa Cikedung bukan yang pertama kali. Beberapa tahun lalu ada kejadian serupa. Di samping itu, warga pernah melihat macan di kebun-kebun, khususnya yang dekat cagar alam.

Untuk antisipasi memangsa ternak, menurutnya, pihak BKSDA memasang perangkap di dekat ternak-ternak warga. Jika tertangkap, macan akan dilepasliarkan ke tengah hutan atau ke Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK).

"Yang penting udah kena, nanti dikaji lagi biar nggak meresahkan. Bisa ke Ujung Kulon atau ke tengah cagar alamnya," pungkasnya.



Simak Juga ' Langka! 3 Ekor Macan Tutul Jawa Tertangkap Kamera ':

[Gambas:Video 20detik]


(bri/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed