detikNews
Jumat 01 Maret 2019, 14:35 WIB

BPN Prabowo Kritik Pengelolaan Sarana Pasca-Asian Games

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
BPN Prabowo Kritik Pengelolaan Sarana Pasca-Asian Games Handi Risza (Dok. Pribadi)
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjelaskan konteks pernyataan sang capres yang mengaku sempat tak setuju dengan gelaran Asian Games di Indonesia. BPN mengatakan Prabowo kala itu melihat diperlukannya penundaan acara yang memakan anggaran besar untuk memulihkan ekonomi nasional.

"Pak Prabowo bicara dalam konteks penghematan anggaran, sehingga melihat kegiatan-kegiatan yang akan menggunakan anggaran besar ditunda terlebih dahulu, sampai kemudian perekonomian nasional membaik," kata juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga bidang ekonomi, Handi Risza, kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

"Tapi karena sudah menjadi keputusan pemerintah, akhirnya beliau setuju, sehingga event tersebut jadi dilaksanakan," imbuhnya.


Menurut Handi, banyak yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan event besar. Apalagi terkait penggunaan anggaran yang besar untuk membangun infrastruktur. Handi pun menyoroti pengelolaan sarana pasca-acara yang dinilainya belum terlaksana.

"Banyak pelajaran yang menjadi perhatian kita dalam setiap pelaksanaan multievent tersebut, apalagi dengan menggunakan anggaran besar untuk membangun infrastruktur jalan dan stadion. Problemnya, kita sering kali tidak mampu mengelola dan merawat sarana dan prasarana tersebut pasca-event karena memerlukan biaya yang sangat besar," jelas Handi.

Politikus PKS ini pun menyoroti pengelolaan infrastruktur, pasca-acara, yang dibangun demi menunjang event tersebut. Menurutnya, pengelolaan sarana tersebut selama ini belum mendapat perhatian penuh.

"Pemerintah juga harus memikirkan pengelolaan pasca-event yang sering kurang diperhatikan, sehingga apa yang sudah dibangun tersebut tidak bisa digunakan," ucap Handi.


Sebelumnya, capres Prabowo Subianto mengaku sempat tak setuju dengan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia. Namun, setelah hal itu menjadi keputusan, Prabowo pun mendukung.

Pernyataan itu disampaikan Prabowo saat bicara tentang penghematan uang negara. Meski sempat menolak, Prabowo, yang juga Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), bersyukur atas prestasi cabang olahraga yang dipimpinnya.

"Saya termasuk ya yang kurang setuju dengan kita menyelenggarakan Asian Games. Saya termasuk tapi sudah keputusan, saya dukung," kata Prabowo dalam sambutan penutupnya saat menghadiri pertemuan dengan komunitas tenaga kesehatan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (28/2).


Saksikan juga video 'Blak blakan Imam Nahrawi: Di Balik Sukses Asian Games':

[Gambas:Video 20detik]


(azr/mae)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com