DetikNews
Jumat 01 Maret 2019, 13:40 WIB

Tepis Prabowo soal Pemborosan di Asian Games, TKN: Ada Manfaat Ekonomi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Tepis Prabowo soal Pemborosan di Asian Games, TKN: Ada Manfaat Ekonomi Ilustrasi atlet luar negeri di Asian Games. (REUTERS/Issei Kato)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyanggah pernyataan capres Prabowo Subianto yang mengaku awalnya tak setuju dengan penyelenggaraan Asian Games berkaitan dengan penghematan anggaran. TKN menilai Asian Games justru memiliki manfaat ekonomi.

"Bahwa Asian Games telah terbukti dilaksanakan dengan sangat baik oleh pemerintahan Jokowi. Dan itu menjadi keunggulan bagi kita semua sebagai sebuah bangsa. Sebagai bangsa, kita tentu sangat bangga bahwa negara Republik Indonesia telah mampu melakukan event olahraga terbesar di Asia dan sukses. Tentu ada nilai manfaat ekonomi bagi proses pelaksanaan event-event internasional seperti begitu," kata juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Menurut Ace, yang paling mahal dari Asian Games adalah kepercayaan internasional. Selain itu, kedatangan atlet dan ofisial dari mancanegara disebutnya bisa menambah devisa negara.


"Pertama, yang harus kita lihat bahwa seperti Asian Games yang paling mahal dari pelaksanaan seperti itu kan sebetulnya adalah kepercayaan internasional. Dan orang bisa melihat bahwa Indonesia adalah negara yang mampu menciptakan sebuah event internasional itu besar, dan dengan demikian orang akan melihat Indonesia sebagai sebuah negara besar," tutur Ace.

"Yang kedua, ini yang paling penting, bahwa bisa kita bayangkan berapa ribu atlet yang datang ke Indonesia, ofisial yang datang ke Indonesia dan juga para awak media internasional yang datang ke Indonesia. Tentu ini kan bisa menambah devisa buat negara dari kunjungan para negara-negara tersebut," lanjutnya.

Tepis Prabowo soal Pemborosan di Asian Games, TKN: Ada Manfaat EkonomiAce Hasan (dok. pribadi)

Politikus Golkar ini menilai salah jika penyelenggaraan Asian Games dikatakan sebagai sebuah pemborosan. Justru, menurut Ace, Asian Games menjadi kebanggaan dan memberikan efek balik ekonomi kepada bangsa Indonesia.

"Nah, menurut saya tidak tepat rasanya seorang Prabowo mengatakan demikian. Itu semua negara sekarang berlomba-lomba untuk menjadi, misalnya tuan rumah Olimpiade, berlomba-lomba untuk menjadi tuan rumah event sepakbola Piala Dunia. Jadi menurut saya, saya tidak tahu ya apa yang menjadi dalam pikirannya seorang Prabowo mengatakan penyelenggaraan seperti Asian Games ini sebagai sebuah pemborosan gitu," ungkap Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu.


Sebelumnya, capres Prabowo Subianto mengaku sempat tak setuju dengan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia. Namun, setelah hal itu menjadi keputusan, pasangan cawapres Sandiaga Uno tersebut pun mendukung.

"Saya termasuk ya yang kurang setuju dengan kita menyelenggarakan Asian Games. Saya termasuk tapi sudah keputusan, saya dukung," kata Prabowo dalam sambutan penutupnya saat menghadiri pertemuan dengan komunitas tenaga kesehatan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (28/2).

Pernyataan itu disampaikan Prabowo saat bicara tentang penghematan uang negara. Meski sempat menolak, Prabowo, yang juga Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), bersyukur atas prestasi cabang olahraga yang dipimpinnya.

"Dan kita alhamdulillah menyumbang medali emas yang terbanyak untuk Asian Games," ujarnya.


Saksikan juga video 'Blak blakan Imam Nahrawi: Di Balik Sukses Asian Games':

[Gambas:Video 20detik]


(azr/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed