DetikNews
Kamis 28 Februari 2019, 22:34 WIB

Fransisca Santa Clause, Caleg Pembeda dari PKS

Ristu Hana - detikNews
Fransisca Santa Clause, Caleg Pembeda dari PKS Fransisca Santa Clause (Ristu Hanafi/detikcom)
Sleman - Barangkali caleg perempuan di Sleman ini betul-betul jadi pembeda dari caleg PKS lain. Dia adalah Fransisca Santa Clause.

Tak seperti kebanyakan nama kader PKS lain, caleg Dapil V untuk kursi DPRD Kabupaten Sleman ini punya nama yang jauh dari partai yang dikenal partai Islam. Poster Fransisca di media sosial (medsos) pun viral.

"Betul, itu nama asli," kata Ketua DPD PKS Kabupaten Sleman Hasto Karyantoro melalui pesan singkat, Rabu (27/2/2019).


Hasto membenarkan Fransisca akan maju jadi caleg pada Pemilu 2019. Dia juga senang bila akhirnya Fransisca viral di medsos.

Tapi siapa sangka, Fransisca sempat down saat berniat mendaftar sebagai caleg PKS. Dia mengatakan nama itu diberikan orang tuanya.

"Sempat down sih, tapi sekarang insyaallah sudah mantap. Keluarga dan partai mendukung," tutur Fransisca saat berbincang dengan detikcom di sela acara kampanye capres nomor urut 02 Prabowo Subianto di Grand Pacific Hall Sleman, Rabu (27/2/2018).


Dia mengatakan orang tuanya memberi nama itu karena Fransisca lahir di bulan November. Ada pihak keluarga yang mengusulkan nama itu karena memang keluarganya berasal dari dua latar belakang berbeda.

Poster Fransisca yang viral di medsosPoster Fransisca yang viral di medsos (Foto: Tangkapan layar media sosial)

Perihal Fransisca caleg pembeda dari PKS diutarakan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid atau HNW. HNW memandang Fransisca harus semangat.


"Dan saya berharap masyarakat pun justru bisa melihat beliau (Fransisca) kalau sudah dicalonkan oleh PKS ya lihat saja dalam konteks kejujurannya, profesionalitasnya, komitmennya kepada perjuangan visi dan misinya dan juga cita-cita dari partai. Jadi saya berharap dengan keunikan ini beliau semakin bersemangat untuk menjadi pembeda, untuk kemudian bisa menambahkan faktor yang membuat publik menerima beliau," ungkap HNW.


Soal posternya yang viral di medsos, Fransisca pun menanggapi santai. Dia tak menampik nama tersebut sempat membuatnya terbebani, terutama di masa awal sekolah. Banyak orang yang bertanya kepadanya. Waktu berlalu, Fransisca pun jadi terbiasa.

"Senyumin saja. Apa pun namanya, yang penting imannya," katanya.


Netizen ramai menanggapi nama Fransisca. Dalam poster yang dilihat detikcom, tampak foto Fransisca lengkap dengan logo PKS dan contoh surat suara beserta kalimat ajakan untuk memilih dirinya pada Pemilu 2019.

'Kagem: Segenap Saudara, Trah, Tetangga, Sahabat & Rekan-rekan skalian, Mohon Doa, Restu dan Dukungannya. Pemilu 17 April 2019 mencoblos saya, nomer urut 3 dari PKS untuk suara DPRD Kab.Sleman (surat suara warna hijau)'.

Di bagian bawah tertulis '3. Fransisca Santa Clause, S.Pi, Calon Anggota DPRD Kab.Sleman, Dapil 5 (Mlati dan Gamping)'.


Asal-muasal poster itu ternyata berasal dari akun Instagram pk_sejahtera yang diunggah dua hari lalu dan telah disukai 3.203 dengan 162 komentar. Informasi pada akun itu tertulis sebagai akun resmi Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS).

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu
(jbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed