DetikNews
Kamis 28 Februari 2019, 10:06 WIB

Pemprov DKI Gandeng UI Tangani Masalah Kesehatan di Jakarta

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pemprov DKI Gandeng UI Tangani Masalah Kesehatan di Jakarta Anies dan Rektor UI M Anis menandatangani MoU. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menggandeng Universitas Indonesia untuk menangani masalah kesehatan di Jakarta. Dengan kerja sama itu, diharapkan banyak solusi yang dihadirkan untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan di Jakarta.

Perjanjian kerja sama ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Rektor UI M Anis di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019). Tak hanya soal kesehatan, kerja sama ini juga meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Masalah banyak yang dibutuhkan adalah terobosan solusi. Kami berharap bisa gerakan seluruh masyarakat," ujar Anies dalam sambutannya.


Anies berharap penelitian yang dilakukan di universitas nantinya bisa membantu Pemprov DKI menangani masalah di Jakarta. Penelitian tersebut diharapkan dapat diimplementasikan di masyarakat.

"Kita butuh solusi menggunakan ilmu dan penelitian yang ada di kampus. Dari MOU itu, muncul pendekatan mana ilmu penelitian yang bisa dimanfaatkan untuk solusi," katanya.

Pemprov DKI Gandeng UI Tangani Masalah Kesehatan di JakartaFoto: Anies dan Rektor UI M Anis tanda tangan MoU (Arief Ikhsanudin/detikcom)

Anies pun menyinggung soal kematian ibu melahirkan di Jakarta. Dia berharap, dengan kerja sama ini, angka kematian ibu melahirkan di Jakarta juga semakin berkurang.

"Semua tahu, ingin sekali semua ini di Jakarta melahirkan pulang ke rumah bawa bayi. Tidak lagi ibu pulang diantar ke pemakaman," ujar Anies.


Senada dengan Anies, Rektor UI M Anis mengharapkan hasil yang sama dalam kerja sama ini. Sebab, UI ingin membantu wujudkan layanan kesehatan yang bermutu di segala tingkat, dari puskesmas sampai rumah sakit.

"Kita ingin memberikan standar pelayanan minimal yang sama di setiap tingkatan sehingga siapa pun warga DKI yang memerlukan pelayanan kesehatan, bisa dilayani di mana pun, standar sama," kata M Anis.
(aik/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed