DetikNews
Rabu 27 Februari 2019, 23:36 WIB

Bertemu di Australia, Angkatan Udara AS Ajak TNI AU Latihan Bersama

Indra Komara - detikNews
Bertemu di Australia, Angkatan Udara AS Ajak TNI AU Latihan Bersama Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna. (Foto: dok. istimewa)
Jakarta - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna menghadiri Avalon Air Show di Melbourne, Australia. Di sela-sela kunjungan itu, Yuyu bertemu dengan Commanding General US 1st Marine Aircraft Wing, Major General Thomas D Weidley.

Dalam pertemuan tersebut, Weidley menyampaikan, angkatan udara AS menawarkan kerja sama yang lebih erat dengan TNI AU dalam bentuk latihan bersama (latma) dan bantuan kemanusiaan.

"Kami menyarankan dan menawarkan kepada Indonesia untuk belajar dari skadron-skadron udara operasional AS terkait operasional, perawatan, atau hal lainnya dari pesawat ini," kata Weidley kepada Yuyu, dalam keterangan tertulis, Rabu (27/2/2019).



Komunikasi dua negara itu juga membahas rencana pembelian pesawat angkut berat C-130J TNI AU. Pesawat itu disebutkan memiliki perbedaan dengan pesawat Hercules generasi sebelumnya.

Yuyu menyampaikan terima kasih atas penawaran kerja sama dari US Marine Aircraft Wing. Dia mengatakan ajakan kerja sama RI-AS ini akan dibahas dalam pertemuan bilateral tahunan di Hawaii.

"Selanjutnya, agar kerja sama ini lebih komprehensif, teknis pelaksanaannya dapat dibahas dalam pertemuan bilateral tahunan antara TNI dengan USPACOM di Hawaii," ujar Yuyu.

Turut mendampingi Yuyu adalah Asrena KSAU Marsda TNI Asep Dian Hermawan, Danseskoau Marsda TNI Donny Ermawan, Koorsmin KSAU, dan Atase Udara RI di Australia.
(idn/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed