detikNews
Rabu 27 Februari 2019, 23:01 WIB

Round-Up

Cara Nyentrik ABG Cantik Protes Jalan Tak Laik

Raja Adil Siregar - detikNews
Cara Nyentrik ABG Cantik Protes Jalan Tak Laik Putri, model jalan rusak di Sumsel (Robby/Putri)
Palembang - Sekelompok remaja di Batumarta, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, punya cara dan unik dalam memprotes jalan rusak. Mereka melakukan pemotretan dengan cara unik dan pose lucu agar direspons pemerintah.

Ada yang berpose sedang memancing, ada yang berpose romantis dan seolah duduk santai di tepi danau, ada pula yang sampai mandi lumpur.

Mereka berhasil membuat pose konyol di jalan rusak yang seperti kubangan. Lubang di jalan yang rusak seolah memberi banyak ide kreatif. Pemotretan sendiri dilakukan seorang fotografer bernama Robby Ari Sanjaya.

"Jalanan itu memang sudah lama rusak. Sudah lama tidak diperbaiki pemerintah setempat. Itu merupakan bentuk protes masyarakat yang sudah kesal karena ini tidak ada perbaikan jalan," kata seorang warga, Syakirin Edo Lugan, saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (27/2/2019).


Sang fotografer, Robby Ari Sanjaya, menyebut pemotretan dilakukan pada Minggu (24/2) pagi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, dia melibatkan 4 anak muda yang 'siap untuk malu'.

"Awalnya jalan itu jalan yang saya lewati setiap hari. Saya selalu pergi pagi, pulang malam, dan saya harus lewat jalanan itu," ujar Robby, yang memotret para ABG cewek tersebut, saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (27/2).

Karena kesal melihat kondisi jalan yang selalu dilewatinya rusak semakin parah, Robby akhirnya putar otak mencari ide. Dia ingin memotret jalan dengan cara unik dan kreatif untuk menceritakan isi hatinya.

Cara Nyentrik ABG Cantik Protes Jalan Tak LaikFoto: dok. Robby

Aksinya ini, kata Robby, cukup berhasil karena jepretannya mendapat banyak respons dari masyarakat. Tidak jarang warganet ikut membagikan dan menanggapi fotonya yang di-posting di media sosial.

"Responsnya banyak, luar biasa. Kadang cara-cara kreatif seperti ini justru cukup menarik perhatian masyarakat. Jadi ini bukan hanya dari pemerintah setempat, tetapi juga nasional, dan saya berharap segera ada perbaikan jalan," tutupnya.


Salah seorang ABG yang menjadi model jalan rusak penuh lumpur sebagai aksi protes itu adalah Resysta Saputri Mojjes atau Putri. Tindakannya itu dilakukan sebagai bentuk protes kepada pemerintah karena jalanan di daerahnya sudah empat tahun tak diperbaiki.

"Itu dilakukan secara spontan saja. Lagi pula jalannya sudah lama rusak nggak pernah diperbaiki. Kesal," terang Putri saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (27/2/2019).

Untuk mencurahkan kekesalannya itulah ABG yang akrab disapa Putri tersebut memilih ikut terlibat dalam pemotretan. Putri pun mengaku jalan rusak itu sudah bertahun-tahun tidak diperbaiki.

"Sudah sekitar 4 tahun nggak pernah dibenerin, dari masih sekolah. Selain itu, banyak pengendara jatuh di daerah jalan berlubang dan lumpur yang dalam foto itu," kata Putri.

Protes para ABG soal jalan rusak di OKU itu mendapat respons dari pemerintah setempat. Pemprov Sumatera Selatan menargetkan perbaikan jalan pada 2019 segera terealisasi dan sudah disiapkan dana Rp 500 miliar.

"Kami telah menyiapkan dana perbaikan infrastruktur Rp 500 miliar. Dana ini akan digunakan untuk perbaikan jalan-jalan di 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel," ujar Gubernur Sumsel Herman Deru saat ditemui di Palembang, Rabu (27/2)


Sementara itu, guna menanggapi jalan rusak di Musi Banyuasin dan Ogan Komering Ulu (OKU) yang ramai diperbincangkan beberapa hari terakhir ini, Herman Deru mengaku telah membagikan anggaran tersebut.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed