detikNews
Rabu 27 Februari 2019, 11:33 WIB

Disurati Ahmad Dhani, Menhan: Masalah Hukum, Politik Nggak Ikut Campur

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Disurati Ahmad Dhani, Menhan: Masalah Hukum, Politik Nggak Ikut Campur Menhan Ryamizard Ryacudu (tengah) (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Ahmad Dhani menulis surat untuk Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Dari soal tuduhan anti-China hingga tentang NKRI. Ryamizard mengatakan dirinya dekat dengan rakyat, termasuk Ahmad Dhani.

"Saya ini dekat dengan semua rakyat bangsa. Saya itu tidak ada musuh, musuh saya adalah musuh negara. Musuh negara adalah musuh saya, itu yang harus dihancurkan, yang lain masa harus dihancur-hancurkan," kata Ryamizard di Hotel Golden Boutique, Jl Angkasa, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019).


Dalam suratnya, Ahmad Dhani bercerita pengalamannya diajak Ryamizard bersama Dewa 19 ke konser di Aceh. Di sana Dhani berani berteriak 'NKRI Harga Mati' meski situasinya cukup rawan terkait keberadaan GAM. Ryamizard membenarkan cerita Dhani tersebut.

"Itu kan melalui seni kita pakai dia. Dia jalan-jalan ke Aceh untuk menyanyikan NKRI harga mati dan lain-lain. Jalan-jalan terus seluruh Indonesia. Itu saya rasa dia sudah berjuang juga itu, membawakan semangat itu ke Aceh. Pada waktu itu kan Aceh masih hangat-hangatnya itu. Itu saat-saat peran dia. Dia ingat waktu itu," jelasnya.

Ryamizard mengatakan dirinya belum menerima langsung surat Ahmad Dhani tersebut. Namun dia sudah melihat surat itu melalui media sosial, termasuk di YouTube.


Terkait persoalan hukum yang menjerat Dhani, Ryamizard mengaku tidak mau ikut campur. Meski demikian, tidak mau ada intervensi dari siapa pun dalam kasus ini karena hukum harus ditegakkan.

"Saya masalah hukum, masalah politik, saya nggak ikut campur. Saya bukan orang politik dan hukum harus ditegakkan. Jangan sampai ada intervensi. Tapi berharap agar hukum itu ditegakkan dengan baik. Kalau hukum tidak ditegakkan dengan baik, itu bahaya. Tuhan marah itu, hukum dimain-mainkan, memfitnah. Tapi kalau hukum itu benar, laksanakan, jalankan dengan sebaik-baiknya, terima dengan ikhlas," ujarnya.


Saksikan juga video 'Prabowo Siap Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Ahmad Dhani':

[Gambas:Video 20detik]


(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com