DetikNews
Rabu 27 Februari 2019, 11:26 WIB

Soal Wacana Wisata Halal di Toraja, Ini Penjelasan Wabup

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Soal Wacana Wisata Halal di Toraja, Ini Penjelasan Wabup Ilustrasi Tana Toraja (Foto: Dok. Kemenpar)
Makassar - Di tengah ramainya isu wisata halal di beberapa daerah di Indonesia, Pemerintah Tana Toraja justru mempersiapkan wisata kulineran khusus wisatawan muslim. Toraja ingin menunjukkan warganya sebagai pihak yang toleran.

"Jadi yang benar adalah ada rumah-rumah makan tertentu yang dikhususkan bagi teman-teman yang beragama muslim," kata Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara saat berbincang dengan detikcom, Rabu (27/2/2019).



Dikatakannya, ada salah tafsir atas pernyataan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang menyebut akan menjadikan Toraja sebagai destinasi halal. Pernyataan itu, kata Victor merujuk pada rumah-rumah makan khusus wisatawan muslim.

"Tapi tidak semua, apalagi ini adat Toraja, babi bukan barang haram di Toraja, tapi memang ada rumah makan tertentu, kuliner tertentu yang disapkan untuk suadara kami muslim yang ke Tana Toraja," ungkapnya.

"Ini kan tidak semua rumah makan Toraja harus di stempel halal, tidak seperti itu," tegas dia.



Oleh karenanya, pihaknya tengah mencari lahan khusus kulineran bagi wisatawan muslim. Dia pun mengaku, ada beberapa wisatawan dan perantau yang memang secara khusus datang ke Toraja hanya untuk menyantap makanan lokal daerah ini.

Akan tetapi, pemda juga ingin menunjukkan kepada warga luas bahwa wilayah ini adalah wilayah yang sangat toleran terhadap umat beragama.

"Tidak ada penolakan. Ada yang mempersepsikan semua akan distempel hahal tidak seperti itu. Tidak ada masalah dan kami siap. Makanya kalau lihat kerukukan umat beragama datanglah ke Toraja," kata dia.

Perlu diketahui, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) berniat membangun kawasan wisata halal di Toraja. Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mennyebut wisata halal harus ada di Toraja.


Saksikan juga video 'Restoran Nonhalal Boleh Eksis di Wisata Halal Pemprov DKI':

[Gambas:Video 20detik]


(fiq/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed