4 Fakta Xanana Gusmao Sang Sahabat SBY

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Feb 2019 20:42 WIB
Xanana Gusmao (Foto: dok. Australia Plus ABC)
Jakarta - Keakraban Xanana Gusmao dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terlihat saat menjenguk Ani Yudhoyono di Singapura. Seperti apa sosok Xanana Gusmao? Simak faktanya.

Pria bernama lengkap Kay Rala Xanana Gusmao GCL itu lahir di Laleia, Manatuto, Timor Portugis, pada 20 Juni 1946. Saat ini umur Xanana 72 tahun.

Berikut fakta Xanana Gusmao.

1. Presiden Timor Leste Pertama

Setelah Timor Leste merdeka pada 20 Mei 2002, Xanana menjabat Presiden Timor Leste pertama pada 20 Mei 2002 hingga 20 Mei 2007.

Setelah itu, dia menjabat Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan dan Keamanan Timor Leste selama era pemerintahan Presiden Jose Ramos Horta pada 2007-2012.

Kemudian dia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Timor Leste pada 2015 sebelum masa bakti. Xanana kemudian menjabat Menteri Perencanaan dan Investasi Timor Leste.

2. Gerilyawan

Sebelum menjadi Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao memimpin gerilya hingga ditangkap tentara Indonesia pada 20 November 1992. Kemudian dia dibebaskan pada 7 September 1999 oleh pemerintah Indonesia setelah runtuhnya kekuasaan Orde Baru.



3. Bergabung dengan Fretilin

Pada 1974, Xanana bergabung dengan Fretilin dan menjadi pemimpin Falintil (sayap militer Fretilin) pada 1978. Namun, pada 1987, ia memutuskan keluar dari Fretilin dan membentuk Dewan Pertahanan Nasional Rakyat Maubere (CNRM).

Hal ini dilakukan untuk merangkul semua pihak, termasuk gereja, demi menghindari kesan perjuangan kemerdekaan hanya dilakukan Fretilin. Untuk mendapat pengakuan internasional, Xanana menyempurnakannya dengan mengubah CNRM menjadi CNRT (Dewan Pertahanan Nasional Rakyat Timor) pada 1998 di Pinichi, Portugal. Pada 1992, ia ditangkap dan dipenjara di Cipinang, Jakarta. Kemudian namanya mencuat kembali menjelang pemilu presiden. Setelah Timor Leste merdeka, dia terpilih menjadi presiden.

4. Sahabat SBY

Xanana Gusmao menjenguk istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, di National University Hospital, Singapura. Ayah Alexander Sword Gusmao ini disambut langsung oleh SBY.

Xanana datang untuk menjenguk Ani Yudhoyono pada Minggu, 24 Februari 2019, pukul 16.20 waktu setempat. Selain disambut SBY, Xanana ditemui langsung oleh Komandan Kogasma PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). SBY-AHY sempat bersalaman dan berpelukan dengan Xanana.

Video kedatangan Xanana Gusmao itu diunggah oleh Ani Yidhoyono melalui akun Instagram miliknya. Dalam video yang diunggah Ani Yudhoyono, tampak perbincangan Xanana dengan SBY dan AHY saat di ruang rumah sakit penuh canda tawa.




Perbincangan mereka tampak memperlihatkan keakrabannya satu sama lain di rumah sakit tersebut. Ani Yudhoyono mengatakan Xanana merupakan sosok sahabat baik suaminya, SBY.

"Sebuah persahabatan tidak mengenal batas ruang dan waktu. SBY dan Bapak Xanana Gusmao mempunyai sejarah persahabatan yang cukup panjang, unik dan menarik. Kemarin beliau datang menjenguk saya di NUH, mendoakan untuk kesembuhan saya. Bapak Xanana menunjukkan keakrabannya kepada SBY dan AHY dengan cara yang unik. Pak Xanana memukul-mukul dada AHY bagaikan putranya sendiri. Terima kasih, Bapak Xanana," ucap Ani Yudhoyono di akun Instagram-nya, Senin (25/2/2019). (nwy/van)