Buka Seminar Auditor Se-ASEAN, JK Bicara Pentingnya Kerja Sama soal Transparansi

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Selasa, 26 Feb 2019 10:50 WIB
Jusuf Kalla (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka seminar 'Laying the Foundation for Future Cooperation in Promoting Accountability and Transparency in Southeast Asia'. JK berharap seminar yang digelar ASEAN, ASEANSAI, dan AIPA itu dapat meningkatkan kerja sama dalam mewujudkan transparansi.

"Kerja sama dalam audit penting memberikan kita semua sistem transparansi dan akuntabilitas dari masing-masing negara," kata JK dalam sambutannya di Sheraton Gandaria City, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (26/2/2019).

JK mengatakan negara-negara ASEAN telah lama melakukan kerja sama dalam berbagai bidang. Dia berharap kerja sama dalam bidang transparansi ini bisa memberikan manfaat bagi semua negara ASEAN.

"ASEAN yang telah berjalan puluhan tahun membuktikan ASEAN salah satu organisasi regional yang berhasil membina dan mengumumkan bagaimana kita bekerja sama dalam berbagai sektor," jelas JK.


JK berharap hasil kajian dari seminar ini bisa bermanfaat untuk negara-negara ASEAN.

"Seminar hari ini akan memberikan bahan perbandingan, sehingga menjadi suatu hal kerja sama yang baik," sebut JK.

Sementara itu, Ketua ASEAN Supreme Audit Institutions (ASEANSAI), yang juga Presiden Lembaga Audit Negara Laos, Viengthong Siphandone, menyampaikan apresiasi atas inisiatif penyelenggaraan bersama kegiatan ini. Dia mengatakan pemerintah dan parlemen mitra utama lembaga audit negara untuk meningkatkan transparansi.

"Dengan dukungan parlemen dan pemerintah sebagai mitra utama lembaga audit negara, lembaga audit akan dapat menjalankan peranan mereka lebih efisien dan efektif di negara yang bersangkutan," ujar Viengthong. (fdu/mae)