Isu AHY Pimpin PD, PAN Apresiasi Regenerasi Demokrat

Indra Komara - detikNews
Selasa, 26 Feb 2019 10:16 WIB
Viva Yoga Mauladi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Partai Demokrat (PD) membenarkan soal adanya kemungkinan sang Komandan Kogasma, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), segera menggantikan sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memimpin partai. PAN sebagai parpol koalisi di pilpres mengapresiasi proses regenerasi di tubuh PD.

"PAN mengapresiasi terjadi proses regenerasi di Partai Demokrat, itu menandakan bahwa Partai Demokrat menuju ke arah menjadi partai modern, karena salah satu ciri partai modern di samping ada proses kaderisasi, mempunyai struktur organisasi yang kuat, memiliki program yang bisa dirasakan oleh rakyat juga melakukan proses regenerasi. PAN menyambut baik tentunya itu semua tergantung mekanisme di Partai Demokrat," ujar Waketum PAN Viva Yoga Mauladi saat dihubungi, Senin (25/2/2019).


Viva juga yakin AHY mampu mengoptimalkan PD dalam kontestasi Pemilu 2019 ini. Menurutnya, PD sudah mempersiapkan mekanisme organisasi partai untuk pemenangan pileg maupun pilpres.

"Saya rasa Partai Demokrat sudah menyiapkan dari sisi mekanisme organisasi dan telah melakukan sebuah keputusan penting, tentunya juga itu menjadi keputusan resmi partai dan buat PAN itu hal yang baik karena dilalui proses yang sejuk dan damai," katanya.


Isu AHY mengambil alih takhta ketua umum partai lantaran SBY berfokus menjaga istrinya, Ani Yudhoyono, yang tengah dirawat di Singapura. PD sudah membenarkan soal adanya kemungkinan pergantian ketum.

"Menghadapi Pileg ini, PD butuh energi ekstra untuk kampanye dan menyapa rakyat. Pak SBY sangat tidak mungkin karena Ibu Ani sedang membutuhkan kedekatan Pak SBY," ungkap Ketua DPP PD Didik Mukrianto saat dimintai konfirmasi.


Wasekjen PD Putu Supadma Rudana mengatakan AHY akan menyampaikan orasi politik pekan depan. Putu menyebut orasi AHY akan diawali dengan kegiatan di kantor DPP PD, Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. AHY, kata Putu, akan mendapat mandat mengawal PD di Pileg 2019.

"Kita tunggu orasi politik AHY pada tanggal 1 Maret 2019 di Jakarta Theater," kata Putu. (idn/mae)