detikNews
Minggu 24 Februari 2019, 13:20 WIB

Viral Video Ibu-ibu Sosialisasikan 'Kawin Sejenis Sah' Jika Jokowi Menang

Andhika Prasetia - detikNews
Viral Video Ibu-ibu Sosialisasikan Kawin Sejenis Sah Jika Jokowi Menang Foto: Spanduk Jokowi-Ma'ruf dirusak di Jatim. (Ghazali Dasuqi/detikcom).
Jakarta - Di media sosial tengah diramaikan sosialisasi dua orang perempuan terhadap warga untuk tidak memilih Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Jokowi diisukan akan melarang azan dan melegalkan pernikahan sejenis.


Dalam video yang beredar, dua orang perempuan tersebut berbicara dalam bahasa sunda kepasa warga saat kampanye door to door. Warga diyakini bahwa Jokowi akan melarang azan dan membolehkan pernikahan sesama jenis.

"Moal aya deui sora azan, moal aya deui nu make tieung. Awewe jeung awene meunang kawin, lalaki jeung lalaki meunang kawin," kata perempuan di video yang viral.

Jika diartikan, ajakan itu memiliki arti:

Suara azan di masjid akan dilarang, tidak akan ada lagi yang memakai hijab. Perempuan sama perempuan boleh kawin, laki-laki sama laki-laki boleh kawin.

Tonton juga 'TKN Akan Laporkan Ibu-ibu Sosialisasi 'Kawin Sejenis Sah' Jika Jokowi Menang':

[Gambas:Video 20detik]




Cawapres Ma'ruf Amin menegaskan itu adalah hoax. Ia meminta masyarakat tidak mudah percaya hasutan bernada hoax.

"Ngawur itu. Itu fitnah dan hoax, ada hoax begitu, ada juga Departemen Agama dibubarkan, macam-macamlah isu keagamaan, dan tidak benar itu.Jaadi ini masyarakat jangan percaya itu fitnah dan hoax,"ujarMa'ruf diHotelAryaduta Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (24/2/2019).
(dkp/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed