DetikNews
Minggu 24 Februari 2019, 10:40 WIB

ABG Pelaku Incest yang Setubuhi Kambing-Sapi Idap Zoofilia?

Rivki - detikNews
ABG Pelaku Incest yang Setubuhi Kambing-Sapi Idap Zoofilia? Tiga pelaku incest di Lampung. (Dok. Polres Tanggamus)
FOKUS BERITA: Tragedi Inses Lampung
Jakarta - YF (15), salah satu pelaku incest di Lampung, mengaku juga menyetubuhi kambing dan sapi. Apakah dia mengidap penyakit kelainan seksual tertarik pada binatang atau zoofilia?

"Kalau memang orientasinya atau ketertarikannya pada binatang, kalau ya, itu ada dua istilah zoofilia dan beastility, tapi saya tidak tahu karena harus diperiksa. Saya agak sanksi bahwa yang bersangkutan adalah seorang zoofilia atau beastility, boleh jadi penyaluran hasrat seksual dengan cara yang sama sekali tidak lazim itu lebih dikarenakan faktor situasional," kata pakar psikolog forensik, Reza Indragiri Amriel, saat dihubungi, Minggu (24/2/2019).


Reza memandang perilaku YF lebih bersifat situasional, karena ketidakmampuan menyalurkan hasrat secara wajar. Namun untuk kepastiannya diperlukan pemeriksaan terhadap YF.

"Jadi prinsipnya, kalau tak ada rotan, akar pun jadi. Artinya, kalau dia menemukan tempat penyaluran yang wajar, dia akan salurkan secara wajar. Tapi, dikarenakan dia tidak punya tempat penyaluran yang wajar, ke PSK tak punya uang atau takut kena penyakit kelamin, ke pacar takut hamil, maka dia pilih menyalurkan hasrat yang tak lazim. Jadi lebih ke faktor situasional bukan karena sungguh-sungguh yang bersangkutan punya orientasi seksual pada binatang," ulas Reza.


Sebelumnya, polisi menangkap ketiga tersangka di kediaman mereka di wilayah Pringsewu, Lampung. Mereka yang ditangkap adalah ayah kandung korban berinisial M (45) serta kakak berinisial SA (24) dan adik berinisial YF (15). Korban sendiri merupakan perempuan berinisial AG (18). Para pelaku mengaku sudah berulang kali memperkosa AG di rumah mereka.

Tak cuma memperkosa kakak kandungnya yang mengidap disabilitas mental, YF disebut juga menyetubuhi hewan ternak. Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP Edi Qorinas menyebut YF pernah berhubungan dengan sapi dan kambing milik tetangga.

"Nanti mau kami periksakan juga ke psikolog, pemerhati, kenapa keluarga ini bisa seperti ini, kita mau urut ke belakang supaya hal-hal ini tidak terjadi lagi," kata Edi, dikutip dari detiknews, Sabtu (23/2).

Perilaku bersetubuh dengan binatang dikenal dengan istilah beastility. Ada juga yang menyebutnya zoofilia, meskipun secara teknis agak sedikit berbeda. Yang pasti, termasuk dalam penyimpangan orientasi seks yang disebut parafilia.

Sama-sama melibatkan ketertarikan seksual pada binatang, beastility lebih merujuk pada perilakunya. Seseorang dengan kecenderungan zoofilia memiliki ketertarikan seksual pada binatang, dan jika melakukan hubungan seksual dengan binatang maka perilakunya disebut beastility.



Simak Juga 'Geger Kasus Incest di Lampung, Ayah dan 2 Anak jadi Tersangka':
(rvk/tor)
FOKUS BERITA: Tragedi Inses Lampung
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed