DetikNews
Sabtu 23 Februari 2019, 11:17 WIB

Menanti Sepak Terjang FBI Ungkap Misteri Pembunuh Noven

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Menanti Sepak Terjang FBI Ungkap Misteri Pembunuh Noven Foto: akun Facebook Noven Andriana
Jakarta - Pembunuh siswi SMK Bogor, Andriana Yubelia Noven Cahya, masih berkeliaran. Kepolisian menggandeng Federal Bureau of Investigation (FBI) untuk mengungkap jejak-jejak pembunuh sadis itu.

Genap 1,5 bulan lebih tabir gelap pembunuhan Noven belum terungkap. Serangkaian proses penyelidikan dilakukan tim Satreskrim Polresta Bogor, dibantu Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar.


Polisi telah memeriksa 28 saksi untuk menyelidikinya. Saksi-saksi yang diperiksa terdiri atas saksi internal dan eksternal, dari saksi rekan sekolah hingga saksi yang ada di sekitar lokasi kejadian pembunuhan itu. Dari semua keterangan saksi, belum satu pun yang menjurus kepada pelaku.

Prosesi pemakaman Noven.Prosesi pemakaman Noven. (Muklis Dinillah/detikcom)

Polisi sempat mengamankan pria berinisial S, yang disebut pernah punya hubungan dekat dengan Noven. Tapi, berdasarkan penyelidikan, S disebut polisi bukan pelaku pembunuhan dan dilepaskan. Polisi juga sempat 'mengubek-ubek' laptop Noven, tapi tak ada petunjuk mengarah ke siapa pelakunya.

Wajah pembunuh Noven terus dilacak. CCTV saksi bisu pembunuhan Noven juga telah diteliti. Lagi-lagi polisi belum dapat mengungkap pembunuh Noven karena kualitas rekaman CCTV itu tidak baik.



Keluarga bahkan tidak mengenal sosok penikam Noven yang terekam CCTV. "Saya sudah lihat CCTV tapi nggak jelas itu siapa. Nggak kenal," kata ayah Noven, Yohanes Bosco Wijanarko.

Polisi tidak pantang menyerah. Terbaru, polisi akan meminjam alat canggih milik FBI guna mengidentifikasi wajah pria penusuk Noven yang terekam kamera CCTV.


Lokasi penusukan Noven.Lokasi penusukan Noven. (Farhan/detikcom)

"Kami akan meminta bantuan kepada FBI (karena) mereka kan alatnya lebih canggih secara digital forensik. Untuk zoom yang lebih besar dan tidak pecah-pecah, sehingga kita bisa mengenali dengan jelas pelaku yang ada di CCTV tersebut," ujar Kapolres Bogor Kota Kombes Hendri Fuiser pada Jumat, 22 Februari 2019.

Kombes Hendri tak menjelaskan lebih jauh apakah FBI telah merespons permintaan tersebut atau belum.

Langkah polisi memberi secercah harapan untuk pengungkapan kasus pembunuhan Noven pada 7 Januari 2019. Noven saat itu ditusuk di gang kecil Jalan Riau saat pulang dari sekolah.

Dari rekaman CCTV, terlihat pelaku menusuk korban di sebuah gang yang sepi. Pelaku, yang terlihat dalam CCTV, menunggu korban yang berjalan di gang. Saat berpapasan, pelaku menusukkan senjata tajam di bagian dada kiri. Korban terkapar, sedangkan pelaku langsung lari kencang meninggalkan lokasi.

Akankah pembunuh Noven ditangkap?


Saksikan juga video 'Tangis Keluarga Sambut Jenazah Noven Siswi SMK Korban Penikaman':

[Gambas:Video 20detik]


(aan/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed