detikNews
Sabtu 23 Februari 2019, 09:58 WIB

MotoGP 2021 di Mandalika, Gubernur NTB Yakin Bisa Jaga Keamanan

Harianto - detikNews
MotoGP 2021 di Mandalika, Gubernur NTB Yakin Bisa Jaga Keamanan Gubernur NTB Zulkieflimansyah (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Sirkuit Mandalika bakal jadi tempat digelarnya MotoGP 2021. Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah memastikan keamanan kawasan akan terus ditingkatkan.

"Seiring waktu, insyaallah akan semakin aman. Kita harus optimis," ujar Zulkieflimansyah, Sabtu (23/2/2019).



Zulkieflimansyah mengatakan kehadiran sirkuit MotoGP di KEK Mandalika akan meningkatkan jumlah kedatangan turis dari berbagai negara. Dia optimistis keamanan di kawasan sirkuit akan terus terjaga.

"Keamanan jangan terlalu menjadi momok bagi kita. Dulu juga saat baru-baru ada BIL (Bandara Internasional Lombok) juga begitu. Lihat sekarang perubahannya begitu pesat dan keamanan semakin bisa dijaga," kata dia.



Zulkieflimansyah mengingatkan Indonesia sebagai bangsa yang mempunyai modal luhur. Dia berharap masyarakat bisa menjaga satu sama lain.

"Kita ini kan negara hukum, tetapi kita juga punya kearifan lokal yang hebat untuk saling menjaga dan melindungi," ungkap dia.

Rencananya, sirkuit Mandalika akan dibangun pada Oktober 2019. Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start dan finis. Sirkuit akan terdiri atas 18 tikungan.

Sarana penunjang area paddock akan memiliki 40 garasi untuk kegiatan operasional tim balap. Sedangkan kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites, yang mampu menampung 7.700 penonton.



Saksikan juga video 'MotoGP Indonesia, Gini Nih Desain Sirkuitnya di Mandalika':

[Gambas:Video 20detik]


(knv/zak)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com