DetikNews
Jumat 22 Februari 2019, 19:56 WIB

Jokowi Janjikan Pencairan Tahap Kedua Dana PKH 2019 Awal April

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Janjikan Pencairan Tahap Kedua Dana PKH 2019 Awal April Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) tahun 2019 untuk masyarakat Bogor. Jokowi mengingatkan, penyaluran bantuan tahap kedua akan dilakukan pada awal April 2019.

Penyaluran PKH dan BPNT tahun 2019 untuk masyarakat Bogor dilakukan di gedung Laga Tangkas Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/2/2019). Ada 1.000 penerima PKH dan BPNT yang hadir dalam acara tersebut.


Sebelum acara dimulai, Jokowi menyaksikan langsung beberapa ibu-ibu mengambil uang PKH dari ATM yang disediakan di lokasi acara. Jokowi juga sempat meninjau sejumlah lapak dagangan para ibu program PKH dan BPNT.

"Bulan Januari telah kita kirimkan PKH, ada yang Rp 1.600.000, ada yang Rp 2.500.000. Betul? Yang penting penggunaannya harus tepat," kata Jokowi.

Jokowi berjanji, penyaluran dana PKH dan BPNT 2019 tahap kedua akan dilakukan pada awal April 2019. Jokowi berpesan agar dana tersebut dimanfaatkan dengan tepat, terutama untuk keperluan keluarga.

"Karena tahapan kedua akan dicairkan awal bulan April. Diingat-ingat, awal bulan April. Jadi sebulan lebih lagi. Yang penting anggaran PKH itu sudah ada, nanti akan dikirimkan terus sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk beli buku sekolah, keperluan sekolah, tas sekolah, telur, untuk gizi anak kita," katanya.


Jokowi kembali mengingatkan agar dana tersebut tidak digunakan untuk di luar kepentingan gizi anak, apalagi jika dibelikan rokok.

"Tapi untuk beli rokok suami boleh ndak? Tidak boleh! Hati-hati, kalau ketahuan dikirim Rp 1,6 juta, ngambil 1 juta diambil untuk suami beli rokok, ketahuan, hati-hati, bisa kita cabut. Janjian ya kita," katanya.

Terkait dengan program yang digaungkan itu, Jokowi sempat bertanya langsung kepada masyarakat untuk dilanjutkan atau tidak.

"PKH pengin diteruskan ndak?" tanya Jokowi.

"Pengin," jawab ibu-ibu serentak.

"Yang penting hati-hati betul penggunaannya," kata Jokowi.


Jokowi juga berjanji akan meningkatkan lagi jumlah dana yang akan diterima masyarakat. Untuk tahun 2018, total dana yang digelontorkan Rp 19 triliun. Sedangkan untuk tahun 2019 akan dinaikkan jumlahnya dua kali lipat.

"Kemarin Rp 19 triliun, tahun ini Rp 34 triliun, dua kali lipat. Nanti tahun depan lihat anggaran tambah lagi. Kita tambah lagi, didoakan ya biar bisa tambah lagi. Tahun ini kita tambah dua kali lipat. Tapi ibu-ibu penggunaannya harus hati-hati betul. Misalnya dikembangkan untuk jualan atau buka warung di rumah, itu akan berkembang usahanya," katanya.

"Nanti awal April kita akan kirim tahapan kedua kepada kita semuanya. Nanti Pak Menteri Sosial akan ngabari, tapi nanti jangan banyak-banyak ambilnya," imbuh Jokowi.
(jor/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed