detikNews
Jumat 22 Februari 2019, 14:21 WIB

Yakin Prabowo Turunkan Harga Telur di 100 Hari Kerja, Muzani Rahasiakan Caranya

Yulida Medistiara - detikNews
Yakin Prabowo Turunkan Harga Telur di 100 Hari Kerja, Muzani Rahasiakan Caranya Ahmad Muzani (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan menyinggung tokoh yang berjanji menurunkan harga beras hingga telur dalam waktu 100 hari. BPN Prabowo-Sandiaga mengaku yakin capres 02 Prabowo Subianto bisa menurunkan harga telur dalam program 100 hari kerjanya.

"Bisa itu. Itu kan jawaban dari Pak Jokowi ketika dikritik oleh Pak Prabowo tentang menekan harga sembako, harga pangan dalam konteks beras, misalnya. Masalahnya, kata Pak Jokowi, kan keseimbangan antara produsen dan konsumen," kata Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ahmad Muzani, di kompleks DPR, Jakarta, Jumat (22/2/2019).


Ia meyakini Prabowo dapat menurunkan harga sembako tanpa menurunkan pendapatan petani. Namun ia tak mau membocorkan caranya merealisasi janji tersebut. Ia mengaku yang terpenting Prabowo menang dulu.

"Iya itu kan persoalan yang tak terpecahkan, tapi itu bisa diatasi. Itu sudah dikaji, sudah dilakukan, tapi nanti itu cerita nanti. Ya jangan cerita dulu, menang dulu nanti baru diceritain," ujar Muzani.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyinggung tokoh yang berjanji menurunkan harga beras hingga telur dalam waktu 100 hari. Dia menilai justru yang terpenting adalah titik keseimbangan.


Luhut mengatakan, jika harga bahan pangan dipaksa diturunkan, nasib petani dan peternak justru akan tertekan.

"Orang bilang mau nurunin beras, beras diturunin beras, gula diturunin, telur murah, lah petaninya? Kalau berasnya terlalu murah ya cost-nya ada," ujarnya.

Luhut menilai pihak yang mengumbar janji itu lupa bahwa titik keseimbangan merupakan hal yang terpenting. Jika hanya mementingkan konsumen, produsen akan mati.
(yld/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed