DetikNews
Jumat 22 Februari 2019, 12:14 WIB

Bawaslu Tunggu Laporan Hasil Pengawasan soal Munajat 212

Dwi Andayani - detikNews
Bawaslu Tunggu Laporan Hasil Pengawasan soal Munajat 212 Gedung Bawaslu (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Bawaslu pusat menunggu laporan Bawaslu DKI Jakarta soal ada-tidaknya pelanggaran terkait pemilu dalam Munajat 212. Pengawasan acara tersebut dilakukan langsung oleh Bawaslu DKI.

"Kami sedang koordinasi kembali dengan teman-teman Bawaslu DKI. Kemarin kan mereka malam lakukan pengawasan, sekarang mungkin lagi membahasnya," ujar anggota Bawaslu Rahmat Bagja kepada wartawan, Jumat (22/2/2019).

Bagja mengatakan Bawaslu DKI akan melakukan pengawasan karena lokasi acara terdapat di daerah pengawasan DKI. Namun, menurut Bagja, Bawaslu pusat tetap memberikan arahan terkait pengawasan tersebut.






"Mereka kan yang melakukan pengawasan pada hari itu sesuai dengan perintah kami ya. Proses pengawasan dan kajiannya dilakukan Bawaslu DKI karena lokusnya di DKI, tapi tetap dengan arahan dari Bawaslu," tuturnya.

"Sekarang mungkin lagi membahasnya, sepertinya poin-poinya banyak, terutama pengawasan di panggung, supaya nggak terjadi hal-hal yang dilarang," sambungnya.

Perihal dilakukan atau tidaknya pemanggilan pemeriksaan tokoh yang dalam acara, Bagja mengatakan hal tersebut tergantung hasil pembahasan Bawaslu DKI.

"Tergantung dari hasil pengawasan Bawaslu DKI ya, kita tunggu ya," ujar Bagja.

Bawaslu DKI Jakarta sebelumnya mengatakan memantau acara Munajat 212, yang digelar di Monas, Jakarta Pusat, semalam. Bawaslu DKI ingin memastikan tidak ada unsur kampanye dalam acara yang dihadiri sejumlah tokoh politik itu.






"Itulah yang kami mau memantau, memastikan bahwa tokoh-tokoh yang hadir pada Munajat 212 itu dipastikan supaya dia tidak melakukan orasi kampanye," kata Ketua Bawaslu DKI Muhammad Jufri saat dimintai tanggapan, Kamis (21/2).

Selain memantau, Bawaslu DKI mengaku sudah mengimbau panitia Munajat 212. Bawaslu meminta panitia mengingatkan para tokoh dan peserta yang hadir tidak melakukan kampanye.


Saksikan juga video 'Peserta Munajat 212 Bubar Sambil Lafalkan Selawat':

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed