DetikNews
Jumat 22 Februari 2019, 11:33 WIB

Jadi Sirkuit MotoGP 2021, Pemkab Jamin Keamanan Mandalika

Harianto - detikNews
Jadi Sirkuit MotoGP 2021, Pemkab Jamin Keamanan Mandalika Foto: Mandalika (harianto/detikcom)
Lombok - Indonesia akan menggelar MotoGP pada 2021 di sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Sebagai sport tourism berkelas dunia, kenyamanan dan keamanan pengunjung menjadi penting.

Jaminan keamanan dan kenyamanan di kawasan Mandalika itu menjadi perhatian Pemkab Lombok Tengah.

"Bupati menjamin keamanan dengan koordinasi yang intens dengan aparat keamanan," kata Bupati Lombok Tengah HM Suhaili FT dihubungi detikcom, Jumat (22/2/2019).

Persoalan kenyamanan sudah menjadi tanggung jawab bersama. Suhaili mengatakan, kontribusi masyarakat sekitar untuk menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan Mandalika juga sangat dibutuhkan.

"Memberdayakan sumber daya yang ada, seperti badan keamanan desa dan keterlibatan masyarakat," ujarnya.

Mandalika adalah kawasan wisata seluas 1.035 hektar di Kabupaten Lombok Tengah. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalah pihak yang membangun Mandalika secara bertahap sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata.

Jalan raya di kawasan ini akan menjadi tempat digelarnya balapan MotoGP di tahun 2021. Untuk pembangunan sirkuit, ITDC bekerja sama dengan perusahaan asal Prancis, Vinci Construction Grands Projects (VCGP) untuk pemanfaatan dan pembangunan lahan seluas 131 ha di KEK Pariwisata Mandalika dan direncanakan akan dimulai pada Oktober 2019.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed