DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 21:49 WIB

Warga Tangsel Sepakat Tak Gunakan Tempat Ibadah untuk Kampanye

Samsuduha Wildansyah - detikNews
Warga Tangsel Sepakat Tak Gunakan Tempat Ibadah untuk Kampanye Foto: Istimewa
Tangerang Selatan - Menjelang Pemilu 2019, sejumlah tokoh masyarakat dan agama di Kota Tangerang Selatan melakukan deklarasi. Masyarakat menolak penggunaan tempat ibadah untuk kegiatan politik praktis.

"Kegiatan deklarasi ini merupakan komitmen bersama-sama masyarakat untuk tidak menggunakan tempat ibadah, baik itu masjid, gereja, kelenteng, pura, sebagai sarana kampanye atau kegiatan politik praktis lainnya," kata Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (21/2/2019).

Deklarasi digelar di tiga lokasi, yakni di Masjid Nur Asmaul Husna, Alam Sutera; Gereja Santo Laurensius, Alam Sutera; dan Klenteng Khonghucu, Pondok Jagung, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (21/2). Deklarasi ini juga dihadiri Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Kajari Kota Tangerang Selatan Bima Suprayoga, Dandim 0506 Tangerang Letkol Faisol Izuddin, Ketua KPU Kota Tangerang Selatan Bambang Dwitoro, Ketua Bawaslu Kota Tangerang Selatan Muhammad Acep, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan H Abdul Rozak, serta sejumlah ketua ormas dan para tokoh agama yang ada di Kota Tangsel.

Warga Tangsel juga berkomitmen melaksanakan pemilu yang damai serta mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan golongan atau pribadi. Sementara pihak kepolisian mengimbau masyarakat agar tidak mudah terpancing isu dan informasi hoax yang bisa memecah belah persatuan.


"Kami menyampaikan pesan agar terkait kontestasi politik ini supaya masyarakat jangan percaya hoax," imbuhnya.

Lebih jauh, Ferdy mengimbau masyarakat agar menjaga ketertiban dan keamanan menjelang Pemilu 2019. Masyarakat diminta melapor ke polisi bila menemukan hal-hal yang berkaitan dengan pidana pemilu.

"Kita ada yang namanya sentra Gakkumdu, jadi kalau ada hal-hal menyangkut pidana pemilu bisa dilaporkan ke Sentra Gakkumdu," tuturnya.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed