DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 18:21 WIB

Ini Lokasi Mandalika, Tuan Rumah MotoGP 2021 di Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Ini Lokasi Mandalika, Tuan Rumah MotoGP 2021 di Indonesia Kota Mandalika (Kurnia Yustiana/detikTravel)
Jakarta - Pergelaran balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP, bakal digelar di Indonesia dua tahun mendatang. Sirkuitnya berlokasi di Jalan Raya Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pergelaran MotoGP di Jalan Raya Mandalika nantinya berkonsep 'street race', mirip-mirip dengan sirkuit di Monaco dan Singapura, dilengkapi pemandangan alam laut dan pesisir yang indah.

Ini Lokasi Mandalika, Tuan Rumah MotoGP 2021 di IndonesiaFoto: Dok. Google Maps

Dilihat di peta Indonesia, Kamis (21/2/2019), Mandalika berada di sisi timur Indonesia. Lokasinya berada di Pulau Lombok, pulau yang ada di antara Pulau Bali dan Pulau Sumbawa.


Secara geografis, Mandalika masuk ke Kabupaten Lombok Tengah. Mandalika sendiri merupakan bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata Indonesia.

Ini Lokasi Mandalika, Tuan Rumah MotoGP 2021 di IndonesiaFoto: Dok. Google Maps

Luasnya sekitar 1.000 hektare. Menghitung jarak dari Jakarta, maka ke Mandalika terhitung sekitar 1.300 km. Jika menumpang pesawat, waktu tempuhnya 2-3 jam.


Indonesia dipastikan akan menggelar MotoGP selama tiga musim sejak 2021. Hal itu dikonfirmasi Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer.

"Ya. Besok akan ada world announcement oleh Dorna SL," ungkapnya kepada detikSport saat dimintai konfirmasi via WhatsApp.

Ini Lokasi Mandalika, Tuan Rumah MotoGP 2021 di IndonesiaFoto: Mindra Purnomo/detikcom

(rna/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed