DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 17:01 WIB

KPU: Penanya Nonpanelis di Debat Capres Harus Independen

Dwi Andayani - detikNews
KPU: Penanya Nonpanelis di Debat Capres Harus Independen Capres Jokowi dan capres Prabowo Subianto di panggung debat. (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta - KPU mengusulkan pihak selain panelis dapat bertanya dalam debat capres-cawapres Pilpres 2019. Pihak yang dimaksud adalah tokoh masyarakat yang memiliki keahlian dalam bidang terkait dengan tema debat.

"Didiskusikan mengundang beberapa tokoh masyarakat, misalnya pelaku pendidikan, tokoh nonpanelis yang mereka diberi kesempatan bertanya langsung pada kandidat," ujar komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (21/2/2019)

Namun Pramono mengatakan pihaknya akan lebih dulu mencari rekam jejak penanya. Hal ini agar penanya yang dihadirkan bukan bagian dari pendukung salah satu paslon.





"Tapi KPU harus hati-hati untuk mencermati track record-nya, independensinya. Jangan sampai nanti terdeteksi orang yang kita hadirkan pendukung atau simpatisan salah satu paslon kan jadi kontraproduktif," ujar Pramono.

Menurutnya, belum diputuskan siapa saja yang nantinya dapat memberikan pertanyaan. Metode baru dalam debat ini masih dalam diskusi dan belum diputuskan.

"Itu belum kita putuskan, itu hanya contoh ada keinginan suara masyarakat ikut memberikan pertanyaan dalam debat kandidat. Tapi belum diputuskan," kata Pramono.

Pramono mengatakan adanya penanya dari nonpanelis ini dimaksudkan agar masyarakat dapat menyalurkan suaranya. Serta dapat terlibat dalam debat kandidat.

"Prinsipnya ini bagian memberi ruang pada suara-suara masyarakat untuk ikut terlibat dalam debat kandidat," tuturnya.
(dwia/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed