DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 15:18 WIB

Cucu Bung Hatta Minta Milenial Belajar Sejarah, Jangan Ngemal Mulu

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Cucu Bung Hatta Minta Milenial Belajar Sejarah, Jangan Ngemal Mulu Gustika (dok.detikcom)
Serang - Cucu proklamator Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta menilai para milenial juga mesti menggemari sejarah dibanding hanya nongkrong di mal. Meski kadang pelajaran sejarah di Indonesia disampaikan dengan membosankan.

"Gimana caranya bangga? Sebenarnya banyak. Saya sendiri bangga, pejuang berjuang memerdekaan, itu cukup membuat bangga, kita bisa mencari lebih lanjut," kata Gustika saat berbicara soal 'Kolonialisme di Indonesia dalam Pandangan Milenial' di Museum Multatuli, Lebak, Banten, Kamis (21/2/2019).

Masa kolonial dan sekarang menurutnya tidak jauh berbeda dalam konteks globalisasi. Bahkan, Bung Hatta meskipun belajar dan menempuh pendidikan di Barat, ia tetap berpegang teguh pada Indonesia dan tentunya berpikir secara global.

Untuk menggemari sejarah, milenial juga menurutnya tidak hanya membaca buku sejarah di rumah. Museum bisa dijadikan lokasi kumpul sambil belajar sejarah. Museum Multatuli di Lebak bisa jadi rujukan belajar sejarah sambil nongkrong.

"Selain jalan-jalan sekaligus belajar termasuk museum Multatuli ini. Orang di Lebak beruntung ada museum Multatuli, lebih bagus dibanding museum Multatuli di Belanda. Di sini lebih besar dan ada perpustakaan dan terawat," katanya.

Di samping itu, sejarah juga menurutnya bukan hanya sekedar pelajaran menghafal. Ada banyak penghayatan di balik setiap peristiwa perjuangan-perjuangan kemerdekaan.

"Kesadaran yang harus dibangun bukan sekedar misalnya menghafal sejarah, tapi juga nilai yang diperjuangan ada," katanya alumnus War Studies di King's College, London.


Simak Juga "Blak-Blakan Gustika Jusuf Hatta: Kemarahan Milenial Atas Politik"
(bri/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed