DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 12:27 WIB

Remaja RI Kontak Call Center Cegah Bunuh Diri AS karena Tugas Sekolah

Audrey Santoso - detikNews
Remaja RI Kontak Call Center Cegah Bunuh Diri AS karena Tugas Sekolah Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang remaja asal Indonesia menelepon Call Center Suicide Prevention Lifeline di Ameriksa Serikat (AS) dan mengancam akan bunuh diri. Bareskrim Polri berhasil menemukan remaja tersebut dalam keadaan selamat di Jakarta Timur.

Polisi mengatakan remaja yang diketahui berinisial AAP (17) itu tak benar-benar berniat mengakhiri hidupnya. Perbuatannya tersebut dilatarbelakangi kebutuhannya dalam mengerjakan tugas sekolah.

"AAP, usia 17 tahun, tengah melaksanakan tugas sekolahnya yang berjudul 'Pengaruh Kesehatan Mental dan Perilaku terhadap Remaja'," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (21/2/2019).

Dedi menerangkan APP mengaku kepada polisi ingin mengetahui seberapa cepat respons aparat terhadap informasi yang dia berikan. Dia pun ingin menguji kemampuan bahasanya.




"Melakukan hal tersebut untuk mengetahui seberapa cepat aparat menindaklanjuti laporannya serta untuk menguji kemampuan bahasa Inggris-nya," ujar Dedi.

Dedi menambahkan APP juga menjelaskan perbuatannya terinspirasi serial remaja di website TV Amerika Serikat berjudul '13 Reasons Why'. "Yang menceritakan tentang call center yang melayani keluh kesah masyarakat," imbuh Dedi.

Sebelumnya diberitakan, layanan pencegahan bunuh diri di AS menerima telepon dari AAP, yang diketahui berada di Indonesia, pada Selasa, 19 Februari 2019 pukul 10.22 pagi waktu AS. Call center milik Amerika Serikat itu langsung berkoordinasi dengan Atase Polri di KBRI Washington, DC, untuk mencegah AAP merealisasi ancamannya.

Keesokan harinya, Rabu (20/2), Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri melacak nomor AAP dan berkoordinasi dengan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reskrim Polres Jakarta Timur untuk memastikan kondisi AAP. AAP ditemukan selamat.
(aud/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed