DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 11:28 WIB

Telepon Call Center di AS, Remaja Indonesia Ancam Bunuh Diri

Audrey Santoso - detikNews
Telepon Call Center di AS, Remaja Indonesia Ancam Bunuh Diri Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Layanan pencegahan bunuh diri di Amerika Serikat (AS) menerima telepon dari seorang remaja yang mengaku akan mengakhiri hidupnya. Namun saat ditelusuri, panggilan telepon itu berasal dari Indonesia.

Remaja itu diketahui menelepon pada Selasa, 19 Februari 2019, pukul 10.22 pagi waktu AS. Remaja itu diketahui menelepon Call Center Suicide Prevention Lifeline.

"Anak ini menyampaikan bahwa dirinya akan mengakhiri hidupnya dengan cara memotong urat nadinya, sebelum dirinya berulang tahun yang ke-17 pada tanggal 20 Februari 2019," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom, Kamis (21/2/2019).

Dedi menyebut Bareskrim Polri turut melacak nomor telepon remaja itu setelah Atase Polri di KBRI Washington, DC, dikabari layanan pencegahan bunuh diri tersebut. Sebab, petugas layanan itu sempat menghubungi balik remaja itu.




"Melihat adanya ancaman terhadap keselamatan seseorang, maka Call Center AS yang menerima pengaduan mencoba menghubungi terus si anak untuk memastikan keselamatannya, sekaligus menyarankan untuk konsultasi ke psikolog dan gurunya. Call Center juga meminta alamat si anak, dan memberitahukannya kepada Atase Polri di Kedubes RI Washington, DC," tutur Dedi.

"Kombes Kurniadi (Kasubdit II Ditrektorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri), yang menerima informasi, langsung memerintahkan anggotanya untuk menyelamatkan anak tersebut. Diketahui penelepon seorang pelajar SMK kelas 2 jurusan IT di Jakarta Timur," imbuh Dedi.

Dedi menyebut Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri kemudian menggandeng Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reskrim Polres Jakarta Timur untuk mendatangi alamat remaja tersebut. Remaja itu ditemukan pada Rabu (20/2) pukul 12.00 WIB.

"Ditemukan dalam keadaan baik-baik, selamat," kata Dedi.
(aud/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed