detikNews
Kamis 21 Februari 2019, 08:52 WIB

Gubernur Sulteng Jadi Ketum Asosiasi Pemprov Se-Indonesia

Jeka Kampai - detikNews
Gubernur Sulteng Jadi Ketum Asosiasi Pemprov Se-Indonesia Longki Djanggola (Foto: dok. APPSI)
Padang - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola resmi menjabat Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Longki menggantikan Soekarwo, mantan Gubernur Jawa Timur.

Serah-terima jabatan dari Soekarwo kepada Longki berlangsung dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APPSI 2019 di Padang, Sumatera Barat. Rakernas ini berlangsung sejak Rabu (20/2) hingga Jumat (22/2).

Longki akan menjabat Ketua Umum APPSI lebih-kurang 10 bulan ke depan sebelum adanya pemilihan ketua umum baru. Saat ini Longki menggantikan Soekarwo, yang tidak lagi menjabat gubernur.

Longki sebelumnya menjabat Wakil Ketua Umum APPSI. Sesuai AD/ART, wakil ketua umum langsung menjadi ketua umum ketika ketua sebelumnya berakhir masa jabatan sebagai gubernur.

Rakernas kali ini, yang mengangkat tema 'Reformasi dan Kebijakan Strategi untuk Mendukung Pengembangan Produk Unggulan dan Kerja Sama Antardaerah', dihadiri oleh 21 gubernur se-Indonesia, sementara 10 provinsi lagi diwakili oleh wakil gubernur dan asisten pemerintahan.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan permasalahan mahalnya harga tiket pesawat dan bagasi berbayar menjadi salah satu bahasan. Hal ini mengakibatkan penurunan jumlah wisata atau pengunjung ke Sumbar.

"Ini sangat besar pengaruhnya terhadap perekonomian Sumbar. Mayoritas pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merugi besar," kata Irwan.

"Bahkan kenaikan harga tiket menurunkan pendapatan UMKM di Sumbar hingga 40 persen," katanya.
(asp/asp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com