DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 07:13 WIB

Kadis KLHK Aceh Bicara Lahan Prabowo, TKN: Eks Panglima Linge Bilang Sebaliknya

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kadis KLHK Aceh Bicara Lahan Prabowo, TKN: Eks Panglima Linge Bilang Sebaliknya Foto: Ace Hasan Syadzily (dok. pribadi)
Jakarta - Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, Syahrial, menyebut PT Tusam Hutani Lestari diambil alih Prabowo Subianto saat Indonesia dalam kondisi krisis moneter dan dia menyatakan Prabowo sebagai pahlawan. Apa kata Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin?

"Soal pengakuan Kepala Dinas LHK Aceh ya boleh-boleh saja seperti itu walaupun ada juga yang mengatakan waktu dari kombatan eks Panglima Linge Aceh yang justru mengatakan sebaliknya," kata juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Kamis (21/2/2019).


Ace menegaskan pihaknya tidak mempersoalkan penguasaan lahan Prabowo jika sudah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ace lalu mengungkit soal waktu penguasaan lahan di Aceh oleh Prabowo.

"Namun kita harus jujur bahwa penguasaan lahan di Aceh tersebut oleh Pak Prabowo terjadi di saat negara kita sudah mulai pulih dari krisis moneter. Setahu saya krisis moneter itu terjadi pada saat 1998, di saat Pak Prabowo masih aktif sebagai militer dan setelah itu diberhentikan," ucap Ace.

"Saat pemulihan krisis moneter Pak Prabowo waktu itu ke Yordania hingga akhirnya kembali ke Tanah Air untuk aktif kembali sebagai politisi dan ikut konvensi Partai Golkar," imbuhnya.


Politikus Partai Golkar itu menegaskan penguasaan lahan oleh Prabowo bukan suatu persoalan. Namun, Ace menyoroti apa yang disebutnya sebagai inkonsistensi pernyataan dari Prabowo.

"Bagi saya sekali lagi bukan itu letak persoalannya. Namun menyangkut dua hal. Pertama soal inkonsistensi. Teriak-teriak penguasaan lahan yang tidak merata dan dikuasai oleh orang kaya selalu dilontarkan kubu Prabowo, dalam debat tersebut ternyata terungkap bahwa ada HGU yang luas itu dikuasai Prabowo," sebut Ace.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu menegaskan fakta Prabowo menguasai lahan di Aceh menunjukkan suatu sikap paradoks. "Ini semakin menunjukkan sikap paradoks seorang Prabowo. Di satu sisi sering berkata atas nama rakyat yang kesulitan mendapatkan lahan akibat makin terbatasnya lahan sebagaimana kritiknya dalam debat tersebut. Tetapi pada kenyataannya terjadi penguasaan lahan yang sangat luas yang dikuasai oleh dirinya," sebut Ace.


Sebelumnya diberitakan, Syahrial mengungkapkan soal pengambilalihan PT Tusam Hutani Lestari oleh Prabowo. Syahrial menyebut perusahaan itu diambil alih Prabowo saat krisis moneter.

Selain itu, terkait perizinan, lahan yang dimiliki Prabowo disebut tidak bermasalah.

"Pada saat itu, mereka punya tunggakan kepada negara atas pinjaman dana reboisasi. Jadi, saat krisis moneter, aset-aset utang itu diperhitungkan semua. Jadi perusahaan kala itu mungkin diambil alih oleh Prabowo," kata Syahrial.
(gbr/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed