DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 23:25 WIB

Jawab Jokowi, BPN Prabowo: Jalan Desa Bukan Infrastruktur

Mochamad Zhacky - detikNews
Jawab Jokowi, BPN Prabowo: Jalan Desa Bukan Infrastruktur Foto: Suhendra Ratu Prawiranegara (dok. pribadi)
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno kembali mempersoalkan klaim capres petahana Joko Widodo (Jokowi) tentang pembangunan jalan di desa yang disampaikan dalam debat kedua. BPN menilai, jika yang disebut pembangunan jalan menggunakan paving block, tidak tepat jika disebut infrastruktur jalan.

"Jadi kalau mereka sampaikan dari Kementerian Desa bangun paving block, itu bukan termasuk. Itu untuk trotoar, pejalan kaki, motor dan sepeda, tidak masuk dalam infrastruktur jalan," kata jubir BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bidang infrastruktur, Suhendra Ratu Prawiranegara, kepada wartawan, Rabu (20/2/2019).


Suhendra menjelaskan, infrastruktur jalan di Indonesia ada dua tipe. Pertama jalan menggunakan beton, kedua aspal.

"Yang harus dipahami, infrastruktur jalan itu, menurut rujukannya, manual desain perkerasan jalan Indonesia itu hanya dua tipe jalan di Indonesia, yaitu jalan beton kayak jalan beton busway, rigid pavement, kemudian flexible pavement itu jalan-jalan aspal," jelasnya.

Mantan staf khusus Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto itu menilai Jokowi kurang paham mengenai infrastruktur. Dia meminta Jokowi membaca kembali Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.


"Beliau memahami infrastruktur itu nggak pas. Beliau, petahana tidak bisa mengklasifikasikan membangun infrastruktur dengan dana desa. Infrastruktur bangun jalan tol, pelabuhan, bandara, bendungan, waduk. Kalau bangun trotoar itu bagian dari infrastruktur utama, utilitas. Petahana sangat kurang pemahamannya. UU Jalan Nomor 38 Tahun 2004 baca deh," paparnya.

Sebelumnya, dalam debat kedua Jokowi memamerkan program yang dilakukan dalam masa pemerintahannya. Hal itu dipamerkan Jokowi saat menyampaikan visi-misinya.

"Kita dalam 3 tahun ini telah gelontorkan Rp 187 triliun dana desa. Ke desa-desa. Itu sudah dibangun 191 ribu km jalan di desa, ini jalan produksi yg sangat bermanfaat bagi petani dan 58 ribu irigasi kita bangun dari dana desa," kata Jokowi dalam Debat Capres Jilid 2 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).
(zak/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed