DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 22:58 WIB

Berkunjung ke Makassar, Ma'ruf Amin Diberi Gelar Karaeng

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Berkunjung ke Makassar, Maruf Amin Diberi Gelar Karaeng KH Ma'ruf Amin (Muhammad Taufiqqurrahman/detikcom)
Makassar - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin melakukan lawatan politik ke Makassar, Sulawesi Selatan. Pada lawatannya ini, Ma'ruf diberi gelar Karaeng Manaba.

Pemberian gelar ini diberikan oleh Kerajaan Galesong, H Mallarangan Abdullah Karaeng Gassing, di Kabupaten Takalar. "Ini merupakan penghargaan diberi gelar Karaeng Manaba," kata Ma'ruf seusai prosesi penyematan gelar ini, Rabu (20/2/2019).

Karaeng Manaba dalam arti bahasa Indonesia adalah pemimpin yang bijaksana. Diharapkan, dengan pemberian gelar ini maka Ma'ruf diharapkan menjadi pemimpin Indonesia yang baik dan amanah di masa akan datang.


"Gelar ini memberikan motivasi, dorongan, dan juga semangat untuk saya, mudah-mudahan jadi pemimpin yang bijaksana. Pemimpin yang membawa kemajuan, kesejahteraan, dan keamanan kepada seluruh rakyat Indonesia," kata Kiai Ma'ruf.

Di lokasi yang sama, Ketua Lembaga Adat Karaeng Galengsong Roem mengatakan sosok Kiai Ma'ruf sangat cocok menyandang gelar itu.

"Ke depan insyaallah bilamana beliau yang terpilih akan kembali membangun memimpin bangsa ini ke arah yang lebih baik lagi. Itulah makna Karaeng Manaba ini," kata Roem.

Penyerahan gelar Karaeng ini disaksikan oleh warga Takalar yang hadir di sekitar bangunan Balla Lompoa ini. Mereka ikut mendengarkan pidato kebangsaan tokoh Nahdlatul Ulama ini.
(tfq/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed