DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 20:59 WIB

PBNU Gelar Istigasah Doakan Pilpres 2019 Berjalan Damai dan Aman

Eva Safitri - detikNews
PBNU Gelar Istigasah Doakan Pilpres 2019 Berjalan Damai dan Aman Said Aqil Siroj. (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Pengurus Besar Nahdlathul Ulama (PBNU) menggelar istigasah malam ini. Istigasah tersebut digelar untuk mendoakan kelancaran Pemilu 2019 berlangsung lancar dan damai.

Acara dilaksanakan di gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019). Ketua umum PBNU Said Aqil Siradj hadir bersama jajaran lainnya.

Said Aqil menyebut istigasah ini merupakan acara rutin terutama ketika akan menghadapi acara yang berhubungan dengan rakyat. Acara ini sudah berlangsung sejak zaman Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

"Istigasah itu sudah menjadi acara rutin bagi warga NU setiap akan menghadapi masalah besar demi kepentingan bangsa dan negara demi kepentingan bersama, semuanya seluruh warga Indonesia, lintas suku, lintas agama, lintas budaya," kata Said Aqil di lokasi.

PBNU menggelar istigasah untuk mendoarkan Pilpres 2019 berjalan aman dan damai.PBNU menggelar istigasah untuk mendoakan Pilpres 2019 berjalan aman dan damai. (Foto: Eva Safitri/detikcom)


"Mudah-mudahan semuanya diberi rahmat diberi berkah oleh Allah jadi bangsa yang bermartabat aman, damai, tentram. Itu sudah dilakukan sejak zaman Abdurrahman Wahid," imbuhnya.

Said menyebut istigasah malam ini berbeda dengan sebelumnya. Acara malam ini difokuskan untuk mendoakan kelancaran pilpres 2019.

"Malam hari ini difokuskan untuk pilpres yang akan datang, mudah-mudahan berjalan aman dan damai," ujarnya.



Sebelumnya, Said juga melakukan pengukuhan terhadap Ketua Lembaga Pengembangan Pertanian (LPP) dari Marwan Jafar yang digantikan dengan Al-Amin Nur Nasution. Amin mengatakan pengukuhan ini sekaligus dilanjutkan dengan rapat kerja guna merumuskan program LPP ke depan.

"Jadi hari ini LPP-PBNU melaksanakan rapat kerja. Yang dirangkai dengan pengukuhan karena ini ada proses pergantian kepengurusan. Ketua dan kepengurusannya diganti. Oleh karena itu, kita lakukan pengukuhan kembali yang dilaksanakan tadi oleh ketua umum PBNU Pak Said Aqil Siroj. Tapi dari tadi pagi kita sudah rapat kerja," ucapnya.

Pihaknya pun telah mengumpulkan beberapa program terkait dengan kesejahteraan lingkungan. Hasil rapat itu, jelas Amin, akan dijadikan rekomendasi untuk pemerintah.

"Kami akan mengajukan rekomendasi pada pemerintah, tanah dan sumber pertanian kita harus lindungi, perusahaan-perusahaan harus disertifikasi dalam menanggulangi kebakaran Hutan, menanggulangi limbah dan menanggulangi zat-zat berbahaya," kata Said Aqil.
(eva/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed