DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 18:27 WIB

TKN Gelar Pelatihan Saksi TPS, Jokowi Dijadwalkan Hadir

Lisye Sri Rahayu - detikNews
TKN Gelar Pelatihan Saksi TPS, Jokowi Dijadwalkan Hadir TKN Gelar Pelatihan Saksi TPS (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Calon presiden (capres) petahana Joko Widodo (Jokowi) direncanakan memberikan arahan langsung bagi para saksi untuk tempat pemungutan suara (TPS). Para saksi itu mengikuti pelatihan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Alhamdulillah, calon presiden kita, Bapak Jokowi, akan bersedia memberikan arahan dan pembekalan langsung nanti malam pukul 19.00," ucap Wakil Direktur Saksi TKN Lukman Edy di Hotel El Royal, Jakarta Utara, Rabu (20/2/2019).

Namun Lukman menyebut arahan dari Jokowi itu nantinya tertutup bagi media. Di tempat yang sama, Ketua TKN Erick Thohir menyebut pelatihan tersebut demi mengawal suara pada Pilpres 2019.




"Tidak ada artinya, rekan dan relawan kita door to door kalau teman-teman saksi yang hadir hari ini tidak punya semangat yang sama untuk memastikan kita menang," ujar Erick.

Erick membuka langsung pelatihan itu secara simbolis dengan memukul gong. Disebutkan pelatihan itu diikuti 700 orang dari 2 juta saksi yang disiapkan untuk seluruh Indonesia.

Nantinya para saksi itu akan mengikuti rangkaian pembekalan oleh Bawaslu. Proses itu akan berlanjut ke seluruh daerah.

"Pembekalan-pembekalan dan pelatihan di semua daerah secara simultan. Tapi tentunya kita semua nanti akan mengikuti berbagai macam pembekalan saksi yang diselenggarakan oleh Bawaslu sendiri karena memang itu amanah dari UU Nomor 7 Tahun 2017," tutur Lukman.


Saksikan juga video 'Kendala Penyandang Disabilitas saat Memilih di TPS':

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed