DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 15:23 WIB

Anies Targetkan 75% Warga Jakarta Pakai Transportasi Umum di 2030

Rina Atriana - detikNews
Anies Targetkan 75% Warga Jakarta Pakai Transportasi Umum di 2030 Giliran JK Jajal MRT Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal MRT Jakarta bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Bicara mengenai transportasi umum, Anies menargetkan tahun 2030 mendatang 75% warga Jakarta sudah tak pakai kendaraan pribadi.

"Jadi yang kita lakukan itu, dan targetnya di tahun 2030 kita bisa mengubah persentase yg sekarang ada. Saat ini 75 persen menggunakan kendaraan pribadi, 25 persen menggunakan kendaraan umum," tutur Anies di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

"Di 2030, kalau ini bisa kita integrasikan maka akan berbalik, 75 persen menggunakan kendaraan umum, 25 persen menggunakan kendaraan pribadi," jelasnya.


Menurut Anies, nantinya orang-orang akan cenderung memilih transportasi umum karena alasan kenyamanan dan terjangkau secara harga.

"Mengapa (pilih umum)? karena nyaman, terjangkau geografis, terjangkau secara ekonomis, dan ini membuat lebih mudah untuk pergi ke mana saja tanpa mengalami kemacetan," ujar Anies.

"Jadi itu rencananya dan Insha Allah integrasinya sudah dimulai sekarang yang dikelola oleh DKI semuanya sudah terintegarasi sekarang. Dan harapannya nanti kita semua yang di Ibu Kota terintegrasi juga seperti yang dikelola oleh Pemprov DKI," imbuhnya.

Anies kembali menegaskan mengenai akan diintegrasikannya semua moda transportasi umum di Jakarta. Nantinya MRT akan tersambung dengan TransJakarta dan moda transportasi lain. Juga akan disediakan kantong-kantong parkir.


"Anda lihat di atas sini, stasiunnya begitu keluar dari stasiun ini bisa nyambung ke halte TransJakarta. Jadi terintegrasi ke semua moda, itu nomor satu. Sehingga yang dikatakan Wapres tadi bahwa nyaman, aman, kemudian tepat waktu dan terjangkau secara harga dan geografis," ungkap Anies.

"Jadi kita sedang membangun beberapa tempat untuk menjadi lokasi parkir kendaraan pribadi. Di sekitar Lebak Bulus, kemudian di sekitar Ragunan, di sekitar Fatmawati. Nanti akan ada tempat-tempat parkir besar di mana warga yang akan menggunakan kendaraan pribadi bisa parkir lalu ke stasiun MRT, ada yang ke stasiunnya jalan kaki, ada yang ke stasiunnya menggunakan shuttle TransJakarta," pungkasnya.


Simak Juga 'Mau Naik MRT Gratis? Bisa, Begini Caranya!':

[Gambas:Video 20detik]



(rna/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed