DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 14:23 WIB

Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas Diusulkan Jadi Moderator Debat Ketiga

Yulida Medistiara - detikNews
Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas Diusulkan Jadi Moderator Debat Ketiga Panggung debat capres kedua. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - KPU mengusulkan nama moderator yang akan memandu acara debat ketiga Pilpres 2019 pada 17 Maret nanti. Kedua nama itu adalah Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas.

"Moderator juga tadi sudah diusulkan oleh KPU, oleh TV penyelenggara, yaitu Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).


Arief mengatakan usulan tersebut masih akan didiskusikan dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Nantinya, moderator debat ketiga akan ditetapkan pada rapat selanjutnya.

"Nah tetapi, karena undang-undang mengatakan bahwa KPU harus berkoordinasi dan mendapat persetujuan dari masing-masing paslon, maka kami memberikan kesempatan kepada 01 dan 02 untuk kemudian memberikan tanggapan apakah usulan moderator itu bisa disetujui atau tidak," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso, mengaku tak keberatan atas dua nama moderator yang diusulkan itu. Namun pihaknya masih akan membahasnya di lingkup internal sebelum menyepakati.

"Mengenai moderator yang tadi diajukan, akan diputuskan minggu depan. Yaitu Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas. Terhadap moderator yang diusulkan pada prinsipnya 02 tak keberatan. Tapi karena diputuskan pertemuan ke depan, maka kami minta izin final keputusannya kami ajukan nanti pada rapat yang akan datang," ujar Priyo.


Seperti diketahui, debat ketiga akan dilaksanakan pada 17 Maret mendatang. Debat tersebut akan cawapres saja, yaitu Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.

Tema debat yang akan dibahas adalah 'Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, serta Sosial dan Kebudayaan'. Nantinya, debat capres-cawapres ketiga akan disiarkan di Trans TV, Trans 7, dan CNN TV Indonesia.
(yld/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed