DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 13:38 WIB

Tangkal Hoax Lewat Subuh Berjemaah ala Kapolres Jakbar

Mei Amelia R - detikNews
Tangkal Hoax Lewat Subuh Berjemaah ala Kapolres Jakbar Kapolres Jakbar Hengky Haryadi memberikan ceramah. (Dok Polres Jakbar)
Jakarta - Polres Jakarta Barat tengah menggencarkan gerakan Subuh berjemaah. Sambil beribadah, Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga, salah satunya untuk ikut menangkal hoax menjelang pemilu.

"Jelang Pemilu 2019, jangan sampai terhasut hoax, isu SARA, dan radikalisme yang dapat berakibat perpecahan bangsa," kata Hengki dalam keterangan tertulis, Rabu (20/2/2019).

Gerakan Subuh berjemaah di Mapolres Jakarta Barat ini sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Subuh tadi, kegiatan salat Subuh dihadiri Dandim 0503 JB, yang diwakili Kasdim 0503 JB, Kapolsek dan jajaran, KH Mahfudz Asirun (Pimpinan Ponpes Al ITQON, Cengkareng), Ketua dan pengurus MUI Jakbar, Ketua dan anggota FKUB Jakbar, serta 40 Da'i Kamtibmas se-Jakarta Barat.

Salat merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Selain itu, dengan gerakan salat Subuh diharapkan silaturahmi dan kerukunan antarwarga terus terjaga, terutama menjelang pilpres ini.

"Dengan subuh berjemaah, mudah-mudahan mendinginkan tensi politik. Sebab, dengan salat subuh berjemaah ini akan membuat pikiran lebih fresh, sehingga memudahkan semua umat Islam untuk saling bersilaturahmi," imbuh Hengki.

Selain itu, Hengki mengimbau masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya di wilayah Jakarta Barat. Seperti diketahui, sejumlah kejahatan jalanan mewarnai Jakarta Barat. Baru-baru ini, Polres Jakbar menangkap 61 anggota geng motor.

"Mari kita jaga dan lindungi anak-anak kita dengan baik dari pergaulan bebas," imbuhnya.

Subuh berjemaah ini juga diisi tausiah dari KH Mahfudz Asirun. Setelah melaksanakan salat Subuh berjemaah, akan dilanjutkan ramah-tamah dengan diisi tausiah tentang pencerahan dan pengenalan narkoba langsung dari narasumber dengan bintang tamu pelawak Srimulat, Tessi, serta tersangka penyalahgunaan narkoba.
(mei/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed