Jokowi Lantik Syamsuar-Edy Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 20 Feb 2019 09:58 WIB
(Foto: Andhika/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melantik Gubernur dan Wakil Gubernur yang terpilih dari Pilkada serentak 2018. Kali ini, Jokowi melantik Syamsuar-Edy Natar Nasution menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.


Presiden Joko WidodoPresiden Joko Widodo Foto: Andhika/detikcom


Pelantikan berlangsung di ruang utama Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019). Sebelum dilantik, Syamsuar diberikan petikan Keppres dan kirab dari Istana Merdeka.


Jokowi Lantik Syamsuar-Edy Jadi Gubernur-Wagub RiauFoto: Andhika/detikcom


Pelantikan Syamsuar dan Edy dilakukan berdasarkan Keppres Nomor 20/P Tahun 2019 tentang pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau masa jabatan 2019-2024. Mereka disumpah berdasarkan agama Islam.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Syamsuar-Edy.



Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan menandatangani berita acara pelantikan. Setelahnya, Jokowi menyalami Syamsuar-Edy.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto, Ketum NasDem Surya Paloh.


Simak Juga Ketika Jokowi Lantik Khofifah-Emil jadi Gubernur dan Wagub Jatim:

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/knv)